Advertisement

Sempat Dinyatakan Gagal, 64 Pelamar CPNS di Jogja Ini Kemudian Diloloskan Administrasi

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 27 Oktober 2018 - 07:50 WIB
Bhekti Suryani
Sempat Dinyatakan Gagal, 64 Pelamar CPNS di Jogja Ini Kemudian Diloloskan Administrasi Peserta ujian computer Assisted Test (CAT) calon pegawai negeri sipil (CPNS) mendengarkan arahan petugas sebelum melaksanakan ujian di Graha Soloraya kantor Bakorwil II Gladak, Solo, Kamis (16/10). - Solopos/Ardiansyah Indra Kumala

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Jumlah pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang dinyatakan lolos seleksi administrasi di Kota Jogja bertambah 64 orang. Dari sebelumnya 6.596 orang saat ini menjadi 6.660 pelamar.

Penambahan jumlah pelamar yang lolos seleksi administrasi tersebut diakui Kepala Bidang Pengembangan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Jogja Ary Iryawan. Menurutnya, tambahan pelamar yang lolos seleksi administrasi tersebut bermula dari banyaknya aduan yang diterima Pemkot dari pelamar.

Advertisement

“Mereka merasa sudah memenuhi seluruh persyaratan yang dibutuhkan tetapi tetap dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi,” katanya, Jumat (26/10/2018).

Karena banyak aduan yang masuk, BKPP kemudian berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) yang kemudian melahirkan kebijakan untuk meninjau ulang seluruh dokumen dari pelamar yang dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi.

Setelah diteliti ulang, maka 64 pelamar dinyatakan lolos seleksi administrasi dan dapat mengikuti seleksi ke tahap selanjutnya, seleksi kompetensi dasar (SKD).

Dia memastikan tidak ada tambahan dokumen baru, perbaikan atau kelengkapan syarat yang diberikan pelamar saat verifikasi ulang terhadap berkas pendaftaran. Tidak juga dokumen pelamar baru yang dimasukkan.

“Kami tidak hanya meneliti dokumen dari pelamar yang mengadu tetapi seluruh dokumen yang dinyatakan tidak memenuhi syarat administrasi. Kami sudah memberikan informasi ke pelamar yang bersangkutan jika mereka lolos seleksi administrasi,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, jumlah pelamar yang dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi sebanyak 4.431 orang. Adapun jumlah pelamar yang lolos tercatat 6.596 orang dari 11.027 pendaftar.

Sistem untuk verifikasi dokumen lamaran kembali ditutup pada Rabu (24/10/2018) dan tidak akan dibuka kembali. Setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi, pelamar diminta mencetak kartu ujian sesuai syarat yang ditetapkan dan menunggu pengumuman mengenai jadwal dan tempat seleksi kompetensi dasar.

“Untuk seleksi SKD kami menunggu setelah tes untuk CPNS DIY. Seharusnya, tes CPNS DIY digelar hari ini tetapi dijadwalkan ulang,” katanya.

Sementara itu, Anggota Komisi A DPRD Jogja Sigit Wicaksono berharap adanya tambahan CPNS yang dinyatakan lolos seleksi administrasi tersebut bukan disebabkan ketidakcermatan petugas saat melakukan verifikasi.

Dia juga tidak ingin ada permainan oknum tertentu dalam seleksi CPNS tahun ini. “Mudah-mudahan bukan disebabkan karena ada ‘permainan’ untuk penerimaan CPNS tahun ini. Seluruh proses penerimaan harus bisa dipastikan dan dipertanggungjawbkan sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku. Harus transparan,” kata Sigit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement