Advertisement

Peduli Kemanusiaan, Indomaret & Ikata UPN VY Gelar Donor Darah

Fahmi Ahmad Burhan
Minggu, 04 November 2018 - 21:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Peduli Kemanusiaan, Indomaret & Ikata UPN VY Gelar Donor Darah Sejumlah pendonor mendonorkan darahnya pada acara donor darah yang digelar Indomaret di Auditorium Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Minggu (4/11/2018). - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—PT Indomarco Prismatama Cabang Yogyakarta menggelar donor darah di Auditorium Universitas Pembangunan Nasional UPN Veteran Yogyakarta (UPN VY), Minggu (4/11/2018). Aksi kemanusiaan ini digelar sebagai upaya membantu masyarakat yang membutuhkan darah.

Development Supervisor PT Indomarco Prismatama Cabang Yogyakarta, Catur Nugroho, mengatakan acara donor darah Indomaret rutin digelar. "Kegiatan ini [donor darah] merupakan agenda rutin yang digelar tiga bulan sekali dengan menyasar desa, menjangkau pemuda dan karang taruna. Kami juga sering mendakan acara secara mandiri," kata Catur saat ditemui di sela-sela kegiatan, Minggu.

Advertisement

Dalam aksi donor darah yang digelar di UPN Veteran Yogyakarta, Indomaret bekerja sama dengan Ikatan Alumni Tambang (Ikata) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta. Selain donor darah, Ikata juga menggelar pemeriksaan katarak.

Menurut Catur, biasanya dalam satu kali gelaran donor darah bisa didapatkan sekitar 100 kantong darah yang kemudian diserahkan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) DIY. "Pendonor berasal dari kalangan umum, dan untuk kali ini pendonor mesti daftar terlebih dahulu," ujar Catur.

Ia berharap dengan adanya donor darah tersebut bisa membantu masyarakat yang membutuhkan darah. "Dengan adanya donor darah, setidaknya bisa membantu meringankan beban masyarakat yang membutuhkan darah," katanya.

Kepala Unit Pelayanan Transfusi Darah (UPTD) RSUP Dr Sardjito, Teguh Triyono, mengatakan kegiatan donor darah sangat bermanfaat. Ia berharap masyarakat ikut donor darah tidak hanya donor sekali saja, tapi menjadikannya sebagai gaya hidup. Menurut Teguh dalam sebulan kebutuhan darah bisa mencapai 4.000 kantong. "Kalau bisa mendapat banyak darah senang karena sangat bermanfaat" ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement