Advertisement

Ungkap Rasa Syukur, Warga Dusun Dayakan dan Tegal Mindi Gelar Merti Dusun

Fahmi Ahmad Burhan
Kamis, 22 November 2018 - 20:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Ungkap Rasa Syukur, Warga Dusun Dayakan dan Tegal Mindi Gelar Merti Dusun Kirab budaya saat gelaran Merti Dusun di Dusun Dayakan dan Dusun Tegal Mindi, Desa Sardonoharjo, Kecamatan Ngaglik, Minggu (4/11/2018). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Warga Dusun Dayakan dan Tegal Mindi, Desa Sardonoharjo, Kecamatan Ngaglik menggelar merti dusun. Upacara tradisional sebagai bentuk ungkapan rasa syukur warga kepada Tuhan yang Maha Esa itu dimeriahkan dengan hadrah, jatilan dan kesenian lainnya.

Ketua Panitia Merti Dusun, Padana, mengatakan acara merti dusun digelar selama dua hari yakni Sabtu (3/11/2018) dan Minggu (4/11/2018). "Di hari pertama ada khataman Alquran, ibadah bagi umat Kristen serta hadrah," katanya saat dihubungi Harian Jogja, Kamis (22/11/2018). Pada hari pertama juga digelar pengambilan air dari tiga sumber mata air di Dusun Dayakan dan Tegal Mindi.

Di hari kedua digelar kirab budaya dengan mengusung gunungan hasil bumi. Setelah kirab dilanjut dengan pentas seni jatilan. Padana mengatakan warga antusias mengikuti merti dusun tersebut. Selain itu, acara itu juga sebagai bentuk pelestarian budaya masyarakat.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

"Merti dusun yang kami gelar merupakan tradisi lokal masyarakat untuk mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Sang Pencipta atas segala anugerah berupa keselamatan, kesejahteraan serta kedamaian hidup," kata Padana.

Menurut Padana, anugerah itu secara nyata diterima masyarakat dalam bentuk ketersediaan sumber air yang cukup bagi kehidupan, ketersediaan tanah yang subur untuk menumbuhkan segala jenis tanaman, serta kehidupan ekonomi yang cukup dan tak berkekurangan.

Menurutnya, tujuan dari adanya merti dusun itu tidak hanya sebagai bentuk rasa syukur, tetapi juga menumbuhkan rasa persaudaraan sesama warga. "Dalam diri masyarakat tumbuh rasa memiliki dan kepedulian. Tumbuh juga semangat guyub rukun dan kerja sama untuk kesejahteraan bersama," ujarnya.

Kepala Seksi Objek Daya Tarik Wisata (ODTW) Dinas Pariwisata DIY, Wardoyo, menyatakan Pemda DIY selalu mendorong dan mendukung kegiatan pelestarian budaya yang digelar oleh masyarakat. "Gelar budaya seperti merti dusun yang diadakan di Dusun Dayakan dan Tegal Mindi di Desa Sardonoharjo, Kecamatan Ngaglik, Sleman, memberi ruang potensi yang ada di daerah itu dan menjadi ajang kreativitas juga budaya bagi masyarakat," ujar Wardoyo, Kamis.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejari Purwokerto Tangkap Buronan Kejati Maluku Utara

News
| Kamis, 29 September 2022, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement