Advertisement

Libur Natal & Tahun Baru, Pengamanan Objek Wisata Pantai Dioptimalkan

Jalu Rahman Dewantara
Minggu, 25 November 2018 - 21:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Libur Natal & Tahun Baru, Pengamanan Objek Wisata Pantai Dioptimalkan Pantai Glagah. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Demi menunjang keselamatan wisatawan pantai saat libur akhir tahun, Sarlinmas Rescue Istimewa (SRI) Wilayah V Pantai Glagah berencana mendirikan pos pantau yang lokasinya lebih dekat dengan kawasan pantai. "Pos pantau yang kami dirikan secara swadaya ini bertujuan untuk mengoptimalkan pengawasan pengunjung di kawasan pemecah gelombang yang notabene akan lebih padat wisatawan saat libur Natal dan Tahun Baru 2019," kata Koordinator SRI Wilayah V Kulonprogo, Aris Widiatmoko, kepada Harian Jogja, Minggu (25/11).

Dikatakan Aris pendirian pos pantau secara swadaya ini perlu dilakukan lantaran saat ini pos pantau yang ada berada jauh dari pantai. Walhasil jajarannya kesulitan melakukan pengawasan secara optimal.

Selain pos pantau pemasangan papan peringatan di sepanjang pantai di Kulonprogo juga dilakukan. Adanya papan peringatan ini diharapkan bisa mengurangi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan terhadap wisatawan seperti tenggelam ataupun terseret ombak pantai selatan.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Aris tidak ingin kecelakaan laut yang terjadi beberapa waktu lalu terulang kembali. Sebagaimana diketahui, seorang mahasiswi asal Bangko, Jambi, tewas terseret ombak di Pantai Glagah, Selasa (20/11).

Di luar pesiapan sarana dan prasarana, optimalisasi pengawasan dengan mengintensifkan patroli secara berkala di sepanjang pantai terus digiatkan. Seluruh personel SRI Wilayah V Kulonprogo yang berjumlah 38 orang diterjunkan. "Patroli selalu kami lakukan. Setiap Minggu dan libur hari besar kami bersdiap di titik pantai mengamankan pengunjung," ucapnya.

Di luar persiapan libur akhir tahun, Aris mengakui dengan adanya proyek bandara baru New Yogyakarta International Airport (NYIA), kawasan pantai semakin ramai. Sebab pengunjung yang datang tidak hanya bertujuan untuk berwisata tetapi juga penasaran dengan progres pembangunan NYIA.

Pendukung Liburan

Persiapan dalam segi keselamatan wisatawan pantai sudah direncanakan SRI Wilayah V Kulonprogo, sementara untuk persiapan sejumlah agenda kegiatan menyambut libur akhir tahun dilakukan oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Kulonprogo. Kepala Dispar Kulonprogo, Niken Probo Laras, mengatakan guna mendongkrak kunjungan wisata saat libur akhir tahun baik Natal dan Tahun Baru 2019, jawatannya menyiapkan sarana pendukung. "Kami masih memetakan agenda pendukung untuk menyambut libur panjang nanti," katanya.

Niken mengatakan mayoritas objek wisata di Kulonprogo yang berkembang berupa wisata alam di perbukitan dan berbasis masyarakat. Wisata berbasis wisata massal hanya Pantai Glagah, Trisik dan Congot. Pantai Glagah sendiri terkena dampak pembangunan bandara.

Advertisement

"Wisata di luar Kulonprogo seperti Gunungkidul dan Bantul mayoritas wisata massal. Meski demikian, kami akan mengoptimalkan potensi wisata di Kulonprogo dengan wisata paket," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Rabu, 5 Oktober 2022

News
| Rabu, 05 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement