Advertisement

Lindungi Konsumen, UPT Metrologi Bantul Tera Ulang Alat Ukur

Rahmat Jiwandono
Rabu, 28 November 2018 - 00:50 WIB
Bhekti Suryani
Lindungi Konsumen, UPT Metrologi Bantul Tera Ulang Alat Ukur Petugas UPT Metrologi Bantul menerima timbangan bayi dari Posyandu Matahari di Balai Desa Argomulyo, Sedayu, Bantul untuk dilakukan tera ulang. - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Metrologi Dinas Perdagangan (Disdag) Kabupaten Bantul menggelar tera ulang alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya di Balai Desa Argomulyo, Sedayu, Bantul pada Selasa (27/11/2018).

Kepala UPT Metrologi Bantul, Henry Hartanti mengatakan lembaganya berusaha melindungi konsumen maupun penjual melalui kegiatan tera ulang tersebut. "Yang kami lindungi tidak hanya hak konsumen tetapi juga hak penjual. Kalau misal timbangannya berat sebelah nanti kasihan pembeli dan sebaliknya," kata dia, Selasa.

Advertisement

Kegiatan tera ulang kata dia dilakukan satu kali dalam satu bulan. Jadwal tera ulang disesuaikan dengan jumlah tenaga atau petugas dari UPT Metrologi.

Untuk itu lanjutnya, UPT Metrologi Bantul membuka layanan tera ulang yang dilakukan di kantor UPT Metrologi. Setiap warga yang datang dan ingin menera alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya bisa datang ke kantor. Masyarakat kata dia diharapkan mempunyai kesadaran menera ulang alat-alatnya tanpa harus dikunjungi petugas ke lapak jualan.

"Kami menerima permohonan seseorang yang minta berbagai alatnya untuk ditera," katanya.

Dia menambahkan, UPT Metrologi Bantul sejauh ini belum mampu melakukan pengecekan terhadap semua jenis alat pengukur. Keterbatasan alat dan petugas tera ulang menjadi penghambat untuk melakukan tera ulang pada alat yang lebih beragam bentuknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement