Advertisement

Masyarakat Lebih Mudah Mengunduh Karya Ilmiah di UGM Digital Press

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 29 November 2018 - 08:10 WIB
Laila Rochmatin
Masyarakat Lebih Mudah Mengunduh Karya Ilmiah di UGM Digital Press Logo UGM. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia sudah sering menyelenggarakan konferensi tingkat internasional. Setidaknya setahun bisa lebih dari 30 kali. Sayangnya paper seminar yang merupakan hasil karya UGM masih ditayangkan dalam bentuk fisik.

Pada Rabu (28/11/2018) kemarin perguruan tinggi yang menempati peringkat 391 terbaik dunia ini meluncurkan UGM Digital Press yaitu media daring untuk mempublikasikan prosiding hasil konferensi internasional yang diselenggarakan di UGM. UGM Digital Press berada di bawah pengelolaan Badan Penerbit dan Publikasi UGM yang bekerja sama dengan Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSSDI) UGM.

"Selama ini paper presentasi masih disebarluaskan dalam bentuk fisik. Masih pakai sistem jilid," kata Widodo, Direktur Badan Penerbit dan Publikasi UGM di Balai Senat UGM, Rabu (28/11/2018). Oleh karena itu, UGM membuat terobosan agar paper internasional bisa disebarluaskan melalui sistem digital agar lebih mudah diakses masyarakat.

Pengunjung UGM Digital Press akan dengan mudah mengunduh naskah yang sudah terpublikasi karena pihak UGM memberikan open access secara penuh. Naskah dikelompokkan dalam empat kategori yaitu physical science and engineering, life sciences, health sciences, dan sosial sciences. Digital Press ini dirancang untuk memudahkan publik dalam mengakses perkembangan ilmu pengetahuan hasil penelitian civitas academica UGM.

Advertisement

Widodo menyampaikan bagi penyelenggara konferensi, UGM Digital Press memberikan fasilitas tes plagiarisme bagi naskah-naskah yang akan diterbitkan. Hal ini untuk menjamin kualitas naskah hasil konferensi yang diselenggarakan. Naskah juga akan melalui tahap editorial sesuai standar publikasi karya ilmiah internasional.

"UGM Digital Press ini juga menampilkan koleksi buku digital terbitan UGM Press yang dapat langsung dibeli secara daring," lanjut dia.
Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sistem Informasi UGM Supriyadi berharap agar UGM Digital Press mampu mendongkrak reputasi UGM di bidang publikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement