Advertisement

Hari Disabilitas, Puluhan Difabel Akan Menyelam Bersama

Laila Rochmatin
Jum'at, 30 November 2018 - 18:27 WIB
Laila Rochmatin
Hari Disabilitas, Puluhan Difabel Akan Menyelam Bersama Ilustrasi menyelam. - IST

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Puluhan penyandang disabilitas di Jogja akan menyelam bersama dalam acara Diveable. Acara ini akan digelar di KJ Hotel pada Sabtu (1/12/2018).

Para difabel yang terlibat dalam acara ini memiliki ragam disabilitas, yaitu satu orang amputasi, dua orang cerebral palsy, satu orang mascular distropy, dua orang paraplegi, dan lima orang polio.

“Meskipun kegiatan menyelam ini memungkinkan untuk dilakukan oleh para penyandang disabilitas, namun banyak sekali hal-hal teknis yang disiapkan sesuai dengan standar diving yang berlaku secara internasional sehingga kegiatan ini aman,” jelas ketua panitia acara Meyra, Jumat (30/11/2018).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Ditambahkan Meyra, hal-hal teknis yang dilakukan untuk mendukung acara ini di antaranya menyiapkan peralatan selam yang disesuaikan untuk setiap peserta selam, memberikan informasi lengkap mengenai cara pemakaian alat selam dan pendampingan oleh professional instructor yang khusus menangani diving untuk penyandang disabilitas.

Selain untuk mengampanyekan barrier free tourism (pariwisata tanpa hambatan), kegiatan ini juga digelar dalam rangka memperingati Hari Disabilitas yang jatuh pada 3 Desember bertemakan Indonesia Inklusi dan Ramah Disabilitas.

“Diharapkan dengan terselenggaranya acara ini, mampu memperkenalkan wisata bawah air kepada semua orang terutama kepada para penyandang disabilitas. Dukungan dari masyarakat juga sangat diperlukan sehingga kita semakin sadar akan hak berwisata bagi semua orang dan berlomba-lomba untuk berkontribusi mewujudkan kesetaraan bagi semua khususnya dalam bidang pariwisata,” jelas Meyra.

Diveable merupakan program yang diinisiasi oleh Walking Walking.com sebagai penggerak pariwisata kreatif Indonesia dan bekerja sama dengan sejumlah institusi atau corporate yang peduli dengan penyandang disabilitas.

Sejumlah corporate yang terlibat adalah Bali International Diving Professional (BIDP) sebagai intructor leader yang dibantu oleh beberapa diving instructor dari Surabaya Diving dan Jani Diving School, KJ Hotel sebagai penyedia venue acara, Sentra Selam Jogja sebagai penyedia tabung dan peralatan selam, kelompok Difable Berdaya, FKKRS (Forum Komunikasi Komunitas Relawan Sleman) sebagai support medis dan ambulans, serta Kospin Mitra Artha Modern.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bulan Madu Ternyata Tak Harus Berdua, Perempuan Ini Contohnya

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 10:37 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement