Advertisement

Jelang Natal, Tim Jibom Brimob Polda DIY Lakukan Sterilisasi 20 Gereja di Sleman

Fahmi Ahmad Burhan
Sabtu, 22 Desember 2018 - 14:17 WIB
Nina Atmasari
Jelang Natal, Tim Jibom Brimob Polda DIY Lakukan Sterilisasi 20 Gereja di Sleman Petugas dari Tim Jibom Brimob Polda DIY sedang sterislisasi di Gereja Katolik Keluarga Kudus Banteng, Desa Sinduharjo, Ngaglik pada Sabtu (22/12/2018). - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Tim Penjinak Bom (Jibom) Brimob Polda DIY melakukan sterilisasi 20 gereja di Sleman pada Sabtu (22/12/2018). Sterilisasi digalakkan di seluruh wilayah DIY guna antisipasi keamanan menjelang perayaan natal.

Pada Sabtu (22/12/2018) Tim Jibom Brimob Polda DIY menerjunkan dua kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 10 personil. Kanit Jibom Brimob Polda DIY Iptu Tri Joko mengatakan pihaknya menyiapkan semua peralatan pendeteksi guna sterilisasi pada 20 gereja di Sleman.

Advertisement

"Ada metal detektor, ada mirror detektor, alat deteksi semuanya kita bawa, alat pejinak pendukung juga dibawa," ujar Tri Joko pada Sabtu saat sterilisasi di Gereja Katolik Keluarga Kudus Banteng, Desa Sinduharjo, Ngaglik pada Sabtu (22/12/2018).

Setelah melakukan sterilisasi pada 20 gereja pihaknya mengatakan tidak ada yang dicurigai. "Mudah-mudahan seperti ini terus. Kita juga akan kerahkan pengamanan pada pelaksanaan natal nanti," ungkapnya. Di hari berikutnya Tim Jibom Brimob Polda DIY akan sterilisasi di Kulonprogo dan Gunungkidul.

Kapolres Sleman AKBP Rizky Ferdiansyah mengatakan sterilisasi dilakukan guna antisipasi juga memberikan rasa aman bagi masyarakat yang akan menjalankan ibadah. "Yang pasti, hal-hal yang dapat diduga bahan peledak kami sterilisasikan, kami antisipasi hal-hal yang mengganggu keamanan," kata Rizky.

Ia mengatakan, pihaknya mengantisipasi kerawanan-kerawanan saat libur natal dan tahun baru tahun ini. Selain juga tempat ibadah, pihaknya juga mengantisipasi kerawanan di tempat wisata.

Untuk menyambut libur natal dan tahun baru tahun ini, pihak Polres Sleman menggelar Operasi Lilin Progo 2018. Pihak Polres Sleman sudah membuka dua pos pelayanan dan lima pos pengamanan.

"Ada pos pelayanan yaitu di Prambanan dan Kaliurang, kalau pos pengamanan ada di Tempel, Monjali, Gamping, Maguwo dan Amplaz," jelas Rizky.

Ketua Panitia Natal di Gereja Katolik Keluarga Kudus Banteng, Desa Sinduharjo, Ngaglik, Lukito Kurniawan mengatakan selain dengan sterilisasi, untuk mengantisipasi gangguan kemanan, pihaknya juga menyiapkan petugas keamanan dari internal. "Kami sangat terbantu sekali dengan sterilisasi ini dan bisa dengan tenang beribadah," katanya pada Sabtu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Libur Paskah, 26.153 Penumpang Naik Turun di Stasiun Wilayah Madiun

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement