Melintas di Gunungkidul, Waspadai Jalur Rawan Kecelakaan Lalu Lintas Berikut Ini

Bus Jurusan Jogja-Wonosari ringsek, Jumat (12/10/2018). - Harian Jogja/Desi Suryanto
28 Desember 2018 08:17 WIB Herlambang Jati Kusumo Gunungkidul Share :


Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Kanit Lakalantas Polres Gunungkidul, Ipda Soni Yuniawan mengatakan, kecelakaan yang terjadi di Gunungkidul pada tahun ini memang meningkat dibanding tahun lalu. Begitupula dengan korban jiwa yang pada tahun ini mencapai 81 orang.

Terkait jalur rawan kecelakaan, dinilai belum ada pergeseran jalur, yakni masih didominasi di jalan Jogja-Wonosari. Kemudian, untuk jalan paling minim kecelakaan justru pada jalur tujuan wisata yaitu di selatan atau jalan menuju kawasan pantai.

“Jalan Jogja-Wonosari di sekitar Bunder, kemudian untuk timur jalan Wonosari-Semanu-Ponjong, kemudian untuk utara Karangmojo-Semin. Untuk jalur ke selatan malah minim,” ungkapnya, Kamis (27/12/2018).

Pihaknya saat ini juga tengah mencoba mengungkap dua kejadian tabrak lari, yang menemui kendala minimnya saksi dan tidak adanya CCTV. Mengingat angka kecelakaan masih tinggi, pihaknyapun menghimbau kepada pengguna jalan untuk lebih berhati-hati.

Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Mega Tetuko juga mengingatkan kepada masyarakat harus lebih berhati-hati ketika melewati daerah Tleseh, Bunder, Patuk dan Jalan Agus Salim, Wonosari. Sebab menurut hasil evaluasi jalur tersebut ikut menjadi lokasi rawan kecelakaan.

“Cek kendaraan anda agar selalu dalam kondisi layak jalan. Kemudian yang terpenting hati-hati,” ujarnya.