AAK Manggala Sambut HUT Ke-21 dengan Berbagai Kegiatan

Peresmian gedung baru menyambut HUT ke-21 tahun AAK Manggala. - Ist/ AAK Manggala
09 Januari 2019 17:17 WIB Nina Atmasari Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Menyambut hari ulang tahun yang ke 21, AAK Manggala mengadakan beberapa rangkaian kegiatan, salah satunya peresmian gedung yang baru saja selesai dibangun.

Peresmian gedung dilakukan oleh dr. Lia Ratna Sari selaku Wakil Direktur Bidang Akademik. Bangunan tersebut difungsikan sebagai tempat menerima tamu dan relasi.

"Hal ini sebagai komitmen AAK Manggala untuk terus meningkatkan fasilitas kampus dan pelayanan informasi tentang profesi analis kesehatan terhadap masyarakat," kata Sujatmiko, Kepala Humas dan Kerjasama AAK Manggala, dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Rabu (9/1/2019).

Pada hari yang sama diadakan bakti sosial untuk masyarakat dan pameran kewirausahaan dari mahasiswa. Bakti sosial ini berupa pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat sekitar yang ditangani langsung dr. Lia Ratna Sari. Pada kesempatan ini AAK Manggala mengundang sejumlah SMK Kesehatan dan dan 3 SMA yang ada di wilayah Jogja.

Hal ini bertujuan untuk mengenalkan profesi analis kesehatan pada siswa-siswi SMK dan SMA tersebut. Program unggulan dari AAK Manggala adalah Teknologi Laboratorium Medis yang kemudian akan menjadi Analis Kesehatan.

“Lapangan kerja bagi alumni sangat terbuka lebar, mereka bisa bekerja di instansi atau perusahaan yang mempunyai laboratorium,” tambah Sujatmiko.

Lulusan AAK Manggala bisa bekerja di laboratorium perusahaan farmasi, laboratorium klinik, lembaga penelitian dan masih banyak lagi.

“Bahkan ada wacana setiap puskesmas akan diwajibkan memiliki 1 tenaga analis kesehatan dengan kualifikasi D3,” katanya.

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan HUT AAK Manggala yang jatuh pada tanggal 29 Januari 2019, pada tanggal 27 Januari 2019 akan diadakan Seminar Kesehatan Nasional dengan tema Basic Skill Upgrading for Medical Laboratory Technologist di Asri Medical Center. Seminar ini bertujuan untuk meningkat kompetensi para tenaga analis kesehatan. (*)