DJPb DIY Bersihkan Pantai Pandansari & Kurangi Penggunaan Plastik

Pegawai Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb)DIY mengadakan bersih lingkungan di Pantai Pandansari, Bantul, Kamis (17/1/2019) pagi sekitar pukul 08.00 WIB. - Harian Jogja/Ist
17 Januari 2019 18:50 WIB Budi Cahyana Bantul Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pegawai Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb)DIY mengadakan bersih lingkungan di Pantai Pandansari, Bantul, Kamis (17/1/2019) pagi sekitar pukul 08.00 WIB. Mereka memungut sampah menggunakan alat yang sederhana dan mengumpulkannya di kantong kantong yang telah disediakan 

Bersih-bersih Pantai Pandansari adalah wujud kegiatan Perbendaharaan Peduli yang menjadi rangkaian kegiatan Hari Bakti Perbendaharaan yang jatuh pada 14 Januari 2019 .

Bantuk kegiatan lainnya adalah Perbendaharaan Menyapa yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Jogja dan di Kecamatan Imogiri yang dihadiri oleh camat, kepala desa, dan perangkat desa di Kecamatan Imogiri dan Dlingo. Menyusul pula kegiatan Perbendaharaan Berbagi  dan Perbendaharaan Sehat. Tema yang diusung pada peringatan Hari Bakti Perbendaharaan 2019 adalah  Tingkatkan Sinergi untuk Kemakmuran Negeri.

Kepala Kanwil DJPb DIY, Heru Pudyo Nugroho, dalam rilis yang diterima harianjogja.com, menyampaikan bahwa insan perbendaharan harus peduli terhadap lingkungan di sekitar. Bentuk kepedulian  dapat diwujudkan dengan membersihkan sampah organik maupun nonorganik yang ada di sepanjang pantai Pandansari ini. Kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi sampah yang ada di sepanjang pantai serta agar dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat lokal dan wisatawan untuk tidak membuang sampah sembarangan karena sampah dapat mengotori keindahan pantai serta dapat menyebabkan ikan dan biodata laut mati.

“Mulai saat ini kita harus bisa membatasi penggunaan plastik di kehidupan sehari-hari kita, dimulai dengan mengurangi penggunaan plastik di kantor kita. Sampah plastik mengandung banyak unsur kimia sehingga sulit terurai di alam yang tentu saja hal tersebut berdampak buruk kepada kehidupan manusia, hewan dan lingkungan sekitar kita. Kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan juga harus ditingkatkan,” ujar Heru lebih lanjut.

Setelah pengarahan tersebut, para pegawai bergerak ke bibir pantai dan mulai memunguti sampah. Sampah yang dikumpulkan mayoritas berupa sampah rumah tangga. Ada bungkus makanan, botol minuman, tutup botol, plastik permen, tabung bekas pasta gigi, bungkusan makanan ringan, minyak goreng, hingga plastik hitam bekas membawa barang. Sampah sampah itu berbaur dengan sampah organik seperti bambu, kayu, ranting, daun, maupun buah kelapa.

Kanwil DJPb DIY juga memberikan sumbangan berupa beberapa tong sampah yang di pasang di sekitar tempat wisata pantai Pandansari tersebut.

Selanjutnya acara Perbendaharan Peduli tersebut diakhiri dengan mengunjungi Pantai Baru yang berada disebelah barat Pantai Pandansari untuk menikmati makan siang bersama. (*)