Advertisement

KPU Sasar Calon Pemilih dari Pekerja Proyek

Fahmi Ahmad Burhan
Rabu, 23 Januari 2019 - 21:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
KPU Sasar Calon Pemilih dari Pekerja Proyek Komisi Pemilihan Umum - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulonprogo mengupayakan para pekerja proyek bisa menggunakan hak pilih Pemilu 2019 pada 17 April mendatang. KPU akan menjaring pemilih yang ada di lokasi-lokasi proyek.

Ketua Divisi Perencanaan Program dan Data Informasi Yayan Mulyana mengungkapkan lembaganya berkordinasi dengan lokasi-lokasi proyek seperti bandara guna menggaet pekerja yang belum terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Advertisement

Kemungkinan pekerja di lokasi proyek tersebut akan keluar masuk dan harus dikordinasikan datanya. “Untuk pekerjanya boleh jadi yang besok tinggal akan berbeda dengan yang sekarang bekerja. Besok yang bekerja pada hari H juga akan berbeda dengan yang sekarang bekerja, jadi harus banyak koordinasi,” paparnya, Selasa (22/1/2019).

Koordinasi diperlukan karena kendala KPU sejauh ini soal pekerja yang berganti-ganti. Mandor di masing-masing proyek dianggap yang paling mengerti data pekerja. KPU mencoba mengumpulkan para mandor untuk diberi sosialisasi agar dapat membantu petugas KPU mendata masuk-keluarnya bandara.

KPU juga membuka Posko A5 untuk menjangkau pemilih di lokasi proyek. Ada beberapa titik proyek yang akan dibuka Posko A5, di antaranya pembangunan New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) oleh PT Angkasa Pura I di Temon dan PT Nindya Karya di Wates.

Ketua KPU Kulonprogo Ibah Muthiah mengatakan Posko A5 ada 12 titik. Tidak hanya di beberapa kecamatan tetapi juga di lokasi-lokasi yang potensial untuk menjaring pemilih baru yang tidak terdaftar dalam DPT, seperti lokasi proyek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Izin Tinggal Peralihan Jembatani Proses Transisi Izin Tinggal WNA di RI

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement