Advertisement

DPAD DIY Ajak Ortu Meningkatkan Minat Baca demi Anak

Jalu Rahman Dewantara
Minggu, 27 Januari 2019 - 14:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
DPAD DIY Ajak Ortu Meningkatkan Minat Baca demi Anak Acara bedah buku bertajuk Positive Parenting yang diselenggarakan DPAD DIY di Ruang Adikarta Kantor Pemerintah Kabupaten Kulonprogo, Jumat (25/1/2019).-Harian Jogja - Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY menggelar acara bedah buku bertajuk Positive Parenting di Ruang Adikarta Kantor Pemerintah Kabupaten Kulonprogo, Jumat (25/1/2019). Kegiatan ini selain untuk meningkatkan minat baca juga sekaligus memahamkan para orang tua mengenai tata cara mendidik anak yang baik.

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan DPAD DIY Djuli Sugiarto mengungkapkan lewat acara bedah buku Positive Parenting karya Mohammad Fauzil Adhim, diharapkan dapat menanamkan budaya senang membaca dan literasi masyarakat.

Advertisement

“Tanpa membaca, masyarakat kurang bisa berkembang. Budaya membaca ini penting, khususnya untuk orang tua, agar mengajarkan anak-anak dengan baik sehingga ke depan bisa memiliki mental yang baik pula,” ungkapnya di sela-sela acara, Jumat.

Dia mengatakan pemilihan tema bedah buku yang sesuai dengan judul buku tersebut dapat menghindari kekeliruan pola asuh orang tua terhadap anak-anaknya. Jika salah mendidik, dikhawatirkan anak menjadi sulit diatur dan dapat menabrak norma kepatutan di masyarakat.

Wakil Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DIY Nur Sasmito, yang turut hadir sebagai narasumber dalam acara, mengatakan diskusi ikhwal pentinya pola mendidik anak yang baik merupakan hal yang penting.

Dengan ini diharapkan orang tua dapat mempersiapkan anak untuk menghadapi perkembangan zaman. Saat ini yang terpenting untuk mendidik anak-anak adalah dengan mengoptimalkan diskusi antara orang tua dan anak-anak, seperti menanyakan kegiatan di sekolah.

Selain itu, menjadi contoh yang baik bagi anak-anak juga jangan luput dipraktikkan orang tua. “Mulai dari teori dan praktik itu harus didampingi agar anak-anak bisa terarah,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement