Taman Kamijoro Sepekan Laris Dikunjungi Wisatawan

Para pengunjung berwisata pada libur Imlek di Taman Bendungan Kamijoro, Dusun Kaliwiru, Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo, Selasa (5/2).-Harian Jogja - Fahmi Ahmad Burhan
06 Februari 2019 10:00 WIB Fahmi Ahmad Burhan Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sudah sepekan ini, Taman Bendungan Kamijoro di Dusun Kaliwiru, Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo dibuka bagi pengunjung untuk berwisata. Saat musim liburan seperti libur Imlek, Taman Bendungan Kamijoro diserbu ribuan pengunjung.

Pengurus Karang Taruna Kaliwiru Mubari mengatakan dalam satu hari di hari biasa, jumlah kunjungan di Taman Bendungan Kamijoro bisa sampai 1.000 pengunjung. Biasanya pengunjung ada yang dari Kulonprogo, ada juga dari luar, seperti dari Kota jogja sampai dari Gombong, Jawa Tengah.

“Sementara di akhir pekan, jumlah kunjungan bisa mencapai 4.000 pengunjung. Di libur Imlek ini juga sama, bisa sampai 4.000 kunjungan,” ujarnya kepada Harian Jogja, Selasa (5/2/2019). Dibukanya Taman Bendungan Kamijoro untuk wisatawan sudah sejak sepekan sebelumnya.

Bendungan tersebut menghubungkan Kulonprogo dengan Kabupaten Bantul. Pembangunan bendungan sudah berjalan dari 2016. Bendungan tersebut dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak.

Menurut Mubari, bendungan tersebut belum diresmikan pemerintah. Rencananya di Februari ini, peresmian dilakukan. Mubari mengaku pengelolaan khusus Taman Bendungan Kamijoro sepenuhnya digarap Karang Taruna Kaliwiru.

“Karang taruna mengelola parkir, kebersihan, juga keamanan bagi pengunjung. Karang taruna juga bekerja sama dengan karang taruna di Bantul sama sekuriti bendungan,” papar Mubari. Saat ini, pengunjung yang ingin berwisata di Taman Bendungan Kamijoro belum dikenakan tarif biaya masuk dan hanya dikenakan biaya parkir saja. Untuk motor Rp2.000, lalu mobil Rp5.000.