Advertisement

Kasihan... Setiap Tahun, SD Conegaran Selalu Kebanjiran

Jalu Rahman Dewantara
Jum'at, 08 Februari 2019 - 22:37 WIB
Nina Atmasari
Kasihan... Setiap Tahun, SD Conegaran Selalu Kebanjiran Sejumlah guru dan karyawan membersihkan bekas banjir yang melanda SD Conegaran, Dusun Tambak, Desa Triharjo, Kecamatan Wates, Jumat (8/1/2019). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-- SD Conegaran yang berlokasi di Dusun Tambak, Desa Triharjo, Kecamatan Wates Kulonprogo terendam banjir, Jumat (8/2/2019) dini hari.

Banjir yang melanda SD Conegaran bukanlah peristiwa pertama. Berdasarkan pengakuan penjaga sekolah, Teguh Santosa, peristiwa ini sudah seperti agenda tahunan tiap memasuki musim penghujan.

Advertisement

Namun, untuk banjir yang hingga memasuki ruang kelas dia mencatat sebanyak enam peristiwa sejak pertama kali dia bertugas pada 2010 silam.

"Setiap musim penghujan pasti banjir, minimal di halaman sekolah, tapi kalau yang sampai masuk kelas itu ada sekitar enam kali terjadi," ujarnya, Jumat.

Teguh, mengungkapkan penyebab terjadinya banjir karena kontur tanah yang menjadi penopang bangunan SD Conegaran lebih rendah dibandingan bangunan disekitarnya seperti SMP N 5 Tambak, Kantor BLK dan saluran irigasi yang berada tak jauh dari sekolah tersebut.

Akibatnya saat hujan turun terutama jika berintensitas tinggi maka air di saluran irigasi bakal meluap hingga membanjiri lingkungan di sekitarnya. Dampak paling parah menggenangi SD Conegaran.

Meluapnya aliran selokan juga bukan tanpa alasan. Selain karena hujan, banyaknya sampah disinyalir kerap menyumbat aliran tersebut. Untuk mengantisipasi hal itu, seminggu sekali, warga lingkungan sekolah beserta sejumlah wali murid gotong royong membersihkannya.

"Kalau gak ada kerja bakti di selokan tentu kemungkinan banjir bisa lebih besar lagi," ucap Teguh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement