Mahasiswa KKN UMY Latih Warga Dlingo Kelola Website dan Medsos

Ilustrasi medsos
09 Februari 2019 22:37 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dari Kelompok 09 yang diterjunkan di Dusun Tanjan dan Kelompok KKN 109 di Dusun Lungguh, Desa Temuwuh, Kecamatan Dlingo, Bantul menyelenggarakan workshop penyusunan profil pedukuhan dan pelatihan pengelolaan website serta media sosial (medsos) di Balai Dusun Tanjan, Sabtu (9/2/2019).

Kegiatan ini telah membuat warga setempat antusias. Kegiatan ini diikuti delapan peserta, lima orang dari Pedukuhan Tanjan dan tiga orang dari Padukuhan Lungguh. Dari kegiatan ini, peserta diharapkan lebih memahami pentingnya sistem informasi berbasis IT di era digital.

“Kegiatan workshop ini sangat menarik, karena narasumber menyampaikan materi dengan santai sehingga mudah untuk dimengerti. Ketika mengalami kesulitan, narasumber akan langsung menghampiri dan membimbing para peserta. Diharapkan setelah kegiatan ini selesai, para peserta dapat semakin memajukan pedukuhan mereka melalui website yang telah dibuat,” ujar Alfiqi Nurfaturohman selaku Ketua Kelompok KKN Tematik 009.

Dalam pelaksanaan workshop yang dibimbing Anhar Wahyu Cahya Putra, Adhianty Nurjananah ini para peserta diajak untuk dapat membuat media sosial seperti Facebook, Instagram, dan akun YouTube, serta bagaimana membuat website pedukuhan melalui Wordpress, serta memasukkan data-data pedukuhan ke dalam website yang telah dibuat.

Adhianty Nurjanah yang jadi pembicara sekaligus sebagai dosen pembimbing lapangan (DPL) mengatakan sistem informasi desa (SID) berbasis IT harus dimaksimalkan penggunaannya.

“Yang menjadi latar belakang pelatihan ini adalah belum optimalnya sistem informasi desa di Pedukuhan Tanjan dan Lungguh terutama yang berbasis IT. Dengan SID ini diharapkan dapat mendukung kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dan penguatan kelembagaan pedukuhan,” ujar dia.

Selain workshop juga dilakukan penyusunan buku profil Dusun Tanjan dan Lungguh. Itu merupakan program penguatan kelembagaan pedukuhan melalui sistem informasi berbasis IT di Dusun Lungguh dan Tanjan Desa Temuwuh, Dlingo, Bantul. Hasil workshop ini adalah berupa buku profil Prdukuhan Tanjan dan Lungguh yang nantinya akan kami link-kan versi online melalui website Desa Temuwuh.