PESTA DEMOKRASI: Lingkungan Pendidikan Harus Tetap Netral

Penandatangan deklarasi kampanye damai di Kecamatan Kraton, Sabtu (6/10/2018) - Eka Ariyanti
11 Februari 2019 23:10 WIB Herlambang Jati Kusumo Bantul Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Para tenaga pendidik di lingkungan pendidikan tinggi terutama aparatur sipil negara (ASN) diharapkan tetap menjaga netralitas di tahun politik ini. Hal ini penting untuk menghindari gesekan.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah V Jogja Bambang Supriyadi mengatakan telah memberikan imbauan kepada pimpinan perguruan tinggi dan juga mengadakan pertemuan khusus dengan wakil rektor bidang kemahasiswaan agar menjaga netralitas dan kondusivitas di tahun politik ini.

“Bagi saya, ASN harus netral, suasana kondusif harus dijaga walaupun ada perbedaan pilihan jangan sampai ada gesekan baik sebelum pemilu maupun sesudah pemilu,” kata Bambang, Senin (11/2/2018).

Bambang juga meminta sebagai kalangan terpelajar, warga kampus jangan ikut terpancing untuk menyebarkan berita hoaks apalagi yang dapat mengganggu ketenangan masyarakat. Tidak hanya ASN, ia juga mengingatkan mahasiswa agar tidak menimbulkan gesekan walaupun berbeda pilihan.

Sekretaris Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) DIY Wegig Pratama mengatakan sebagai tempat mahasiswa mendapatkan pendidikan, netralitas kampus harus terjaga, tidak terlibat dalam politik praktis.

“Tetap konsentrasi belajar mengajar. Kampanye dosen dan mahasiswa adalah hak mereka asal di luar kampus. Sebagai institusi kelembagaan kampus harus independen,” ucapnya.

Meski begitu Aptisi tidak bisa mengontrol secara penuh seluruh kegiatan di kampus. “Jika sudah dibungkus kegiatan lain kami tidak bisa menjangkau,” kata dia.

Dalam rangka kemitraan dengan perguruan tinggi, Aptisi hanya bisa mengingatkan ada regulasi-regulasi yang harus ditaati oleh rektorat. Aptisi memberi kepercayaan dan berpikiran positif para pimpinan perguruan tinggi di DIY dapat menjaga independensi dan netralitas.

Wegig mengatakan mendekati pesta demokrasi, Aptisi akan mengimbau pimpinan kampus agar tetap menjaga suasana kondusif sehingga tidak ada gesekan atau permasalahan di lingkungan kampus.