Advertisement

PESTA DEMOKRASI: Lingkungan Pendidikan Harus Tetap Netral

Herlambang Jati Kusumo
Senin, 11 Februari 2019 - 23:10 WIB
Laila Rochmatin
PESTA DEMOKRASI: Lingkungan Pendidikan Harus Tetap Netral Penandatangan deklarasi kampanye damai di Kecamatan Kraton, Sabtu (6/10/2018) - Eka Ariyanti

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Para tenaga pendidik di lingkungan pendidikan tinggi terutama aparatur sipil negara (ASN) diharapkan tetap menjaga netralitas di tahun politik ini. Hal ini penting untuk menghindari gesekan.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah V Jogja Bambang Supriyadi mengatakan telah memberikan imbauan kepada pimpinan perguruan tinggi dan juga mengadakan pertemuan khusus dengan wakil rektor bidang kemahasiswaan agar menjaga netralitas dan kondusivitas di tahun politik ini.

Advertisement

“Bagi saya, ASN harus netral, suasana kondusif harus dijaga walaupun ada perbedaan pilihan jangan sampai ada gesekan baik sebelum pemilu maupun sesudah pemilu,” kata Bambang, Senin (11/2/2018).

Bambang juga meminta sebagai kalangan terpelajar, warga kampus jangan ikut terpancing untuk menyebarkan berita hoaks apalagi yang dapat mengganggu ketenangan masyarakat. Tidak hanya ASN, ia juga mengingatkan mahasiswa agar tidak menimbulkan gesekan walaupun berbeda pilihan.

Sekretaris Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) DIY Wegig Pratama mengatakan sebagai tempat mahasiswa mendapatkan pendidikan, netralitas kampus harus terjaga, tidak terlibat dalam politik praktis.

“Tetap konsentrasi belajar mengajar. Kampanye dosen dan mahasiswa adalah hak mereka asal di luar kampus. Sebagai institusi kelembagaan kampus harus independen,” ucapnya.

Meski begitu Aptisi tidak bisa mengontrol secara penuh seluruh kegiatan di kampus. “Jika sudah dibungkus kegiatan lain kami tidak bisa menjangkau,” kata dia.

Dalam rangka kemitraan dengan perguruan tinggi, Aptisi hanya bisa mengingatkan ada regulasi-regulasi yang harus ditaati oleh rektorat. Aptisi memberi kepercayaan dan berpikiran positif para pimpinan perguruan tinggi di DIY dapat menjaga independensi dan netralitas.

Wegig mengatakan mendekati pesta demokrasi, Aptisi akan mengimbau pimpinan kampus agar tetap menjaga suasana kondusif sehingga tidak ada gesekan atau permasalahan di lingkungan kampus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement