Advertisement

Musik Malam Digelar Lagi Tahun Ini

Abdul Hamied Razak
Rabu, 13 Februari 2019 - 23:20 WIB
Arief Junianto
Musik Malam Digelar Lagi Tahun Ini Penampilan grup band Jasmine Elektrik di panggung Musik Malam TBY, Selasa (12/2). - Istimewa/Jasmine Elektrik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tahun ini Taman Budaya Yogyakarta (TBY) kembali menggelar rangkaian acara Musik Malam TBY. Kali ini Musik Malam TBY digelar dengan mengedepankan tema Cinta.

Kurator Musik Malam TBY Heri Macan mengatakan beragam komunitas musik dengan beragam genre, mulai dari reggae, blues, ballads hingga metal, sengaja digandeng untuk memeriahkan acara. Karena itulah, dalam Musik Malam TBY kali ini, kata dia, tema yang diambil adalah Best on Comunity. “Ini semacam apresiasi terhadap komunitas-komunitas musik di Jogja yang jumlahnya banyak sekali, kata dia di sela-sela kegiatan, Selasa (12/2/2019) malam.

Advertisement

Setidaknya ada tiga grup band yang tampil kali ini. Ketiganya masing-masing adalah Fix band, Archie Blues dan Jasmine Elektrik. Lantaran digelar di bulan Februari yang kerap diidentikkan dengan bulan penuh cinta, ketiga grup itu mengajak pecinta musik bersama-sama mengapresiasi cinta dan kasih sayang dengan gaya dan keunikannya masing masing.

Jasmine Elektrik yang terdiri atas Pram, Joko, dan Wasis misalnya, membawakan 10 lagu dari band-band ternama, seperti Kita (Sheila On 7); Cinta Kan Membawamu (Dewa 19); Come Together (The Beatles); dan lagu karya mereka sendiri yang berjudul Enyah dan single terbaru mereka, Ibu. "Karya ini kami persembahkan sebagai ucapan terima kasih kepada sosok ibu di seluruh dunia,” ujar Joko gitaris Jasmine Elektrik dari atas panggung.

Konsep gelaran tahun ini, dia mengaku berbeda dengan tahun lalu. Jika tahun lalu, pihaknya lebih mengutamakan kuantitas kepesertaan, kali ini dia mengaku lebih menonjolkan kreativitas dan pertunjukan karya. "Tahun ini kami lebih menonjolkan pertunjukan karya. Acara lebih mengedepankan showcase (penampilan)," katanya.

Heri menjelaskan aksi pertunjukan outdoor di halaman TBY tersebut akan menjadi ruang ekspresi bagi para pecinta musik. Musik Malam TBY, dikatakan Heri rencananya dilaksanakan setiap dua kali dalam satu bulan, yakni pada pekan kedua dan keempat.

Para pecinta musik akan dihibur oleh tiga band dalam setiap sesi, mulai pukul 19.30 WIB hingga 23.00 WIB. "Ini akan menjadi ruang interaksi bagi para pemusik," katanya.

Tema Cinta yang diusung selama program musik malam TBY menjadi simbol universal dalam dialektika seluruh mahluk hidup. Ekspresi cinta dalam musik pun menjadi proses kreatif yang tidak ada habis-habisnya digali dan diapresiasi.

"Cinta juga harus membangkitkan semangat kreatifitas dalam dialetika dan kultur budaya lokal. Itu akan semakin menumbuhkan cinta kepada lingkungan sosial dan kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement