344 PNS Kulonprogo Pensiun Tahun Ini, Bagaimana Upaya Mengatasi Kekosongan Jabatan?

Ilustrasi PNS. - JIBI
16 Februari 2019 14:17 WIB Fahmi Ahmad Burhan Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Sebanyak 344 Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kulonprogo pensiun di tahun ini. Kekosongan akan diisi dari pengangkatan CPNS di tahun ini dan tenaga harian lepas.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kulonprogo Yurianti mengatakan PNS di tahun ini pensiun secara beruntun tiap bulannya. "PNS yang pensiun, masa purna tugasnya akan tamat bervariasi tiap bulannya, dari Januari sampai nanti di Desember 2019," kata Yuri, Jumat (15/2/2019).

Yuri mengatakan total ada 344 PNS yang mengakhiri masa tugasnya di tahun ini. PNS yang pensiun ada dari berbagai golongan sampai dari kepala dinas. "Kepala Dinas Perdagangan tahun ini yang pensiun," tuturnya.

Untuk mengatasi kekosongan, pihak BKPP mengandalkan adanya pengangkatan CPNS di tahun ini. Perekrutan CPNS sudah dilakukan dari 2018. Total 373 CPNS akan diangkat di tahun ini. "Sebagian juga kita andalkan dari tenaga kontrak atau tenaga harian lepas," ungkap Yuri.

Saat ini, BKPP Kulonprogo masih menunggu keputusan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) terkait pengangkatan CNPS tersebut. Pemkab Kulonprogo sudah memberikan usulan Surat Keputusan (SK) pengangkatan CPNS tersebut ke BKN dari awal Februari.

Sebelumnya, saat proses pemberkasan setelah seleksi CPNS, satu orang mengundurkan diri dari CPNS. "Sebelumnya ada 374, lalu saat pemberkasan satu orang mengundurkan diri karena alasan melanjutkan studi," ujar Kepala Bidang Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan, BKPP Kulonprogo, Raden Trusta Hendraswara.