Advertisement

Siswa Melawan Saat HP-nya Disita, Kepala Disdikpora DIY Apresiasi Guru yang Tetap Sabar

Herlambang Jati Kusumo
Kamis, 21 Februari 2019 - 18:40 WIB
Budi Cahyana
Siswa Melawan Saat HP-nya Disita, Kepala Disdikpora DIY Apresiasi Guru yang Tetap Sabar Siswa SMKN3 Jogja yang menantang gurunya (kiri) akan diberi sanksi sesuai dengan kesalahannya. - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja,com, JOGJA—Video yang menunjukkan siswa SMKN 3 Jogja melawan guru saat telepon genggamnya disita viral. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, R. Kadarmantara Baskara Aji mengatakan persoalan tersebut adalah imbas negatif dari kemajuan teknologi.

“Sudah ada regulasi tidak boleh membawa handphone, sanksi [harus] diberikan. Masing-masing sekolah beda [dalam pemberian sanksi]. Kalau ada tumpukan-tumpukan kesalahan sanksi apa saja masing-masing ada,” kata Aji, Kamis (21/2/2019).

Advertisement

Aji mengatakan dampak negatif kemajuan teknologi menjadi tantangan guru saat ini.

“Saya mengapresiasi sikap guru yang tidak terpancing emosi oleh sikap siswa. Mungkin kalau sudah seperti itu bisa saja kalap, tetapi masih sabar guru itu,” ucapnya.

Menurut dia, penyelesaian masalah ini tidak hanya bergantung kepada peran guru, tetapi juga orang tua. Keluarga dan sekolah harus berkomunikasi dengan baik. Namun yang masih jadi kendala adallah beberapa orang tua siswa kurang aktif.

Baskara Aji mengharapkan kemajuan teknologi dimanfaatkan untuk mendukung kemudahan komunikasi antara guru, orang tua, dan sisw.

“Semoga tidak terulang lagi. Peraturan yang sudah ada harus ditaati oleh siswa. Orangtua harus berperan aktif juga,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement