Advertisement

Angin Kencang Rusak Belasan Rumah di Bantul

Ujang Hasanudin
Sabtu, 02 Maret 2019 - 13:17 WIB
Sunartono
Angin Kencang Rusak Belasan Rumah di Bantul Pekerja PLN memotong kabel yang menjuntai pada sebuah tiang listrik yang nyaris roboh seusai diterpa tiupan angin kencang yang terjadi di kawasan simpang empat Blok O, Banguntapan, Bantul, Jumat (01/03/2019). Tiupan angin kencang sat hujan lebat ini mengakibatkan sedikitnya lima pohon ambruk melintang di penggal ring road Ketandan hingga Blok O. Sejumlah kendaraan yang diparkir di sekitar RS Harjolukito juga rusak tertimpa pohon. - Harian Jogja/Desi Suryanto.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi ada Jumat (1/3/2019) sore hingga malam hari menyebabkan belasan rumah rusak di sejumlah kecamatan di Bantul.

"Total ada 12 rumah rusak ringan," kata Manajer Pusat Pengendalian Operasional (Pusdalos) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, Aka Luk Luk, Sabtu (2/3/2019).

Advertisement

Aka mengatakan kerusakan rumah rata-rata di bagian atap karena tertimpa pohon tumbang. Namun kerusakan langsung diperbaiki oleh pemilik rumah di bantu warga dan sejumlah relawan bencana, sehingga sampai saat ini tidak ada laporan yang harus mengungsi.

Sementara pohon tumbang tercatat ada di 50 titik di enam kecamatan, seperti Kecamatan Bantul, Banguntapan, Kasihan, Pajangan, Piyungan, dan Sedayu. Namun kecamatan yang paling terdampak adalah Kecamatan Banguntapan.

Selain rumah yang terdampak lainnya akibat hujan disertai angin adalah tiang listrik yang nyaris roboh, jaringan telepon, jaringan listrik, baliho, mobil, sekolah, dan sempat mengganggu akses jalan di 12 titik. "Estimasi kerugian sekitar Rp76 jutaan," kata Aka. Ia menyatakan data yang terekap sampai Jumat malam sekitar pukul 22.00 WIB.

Kepala BPBD Bantul, Dwi Daryanto mengatakan personel BPBD dan tim relawan masih menyisir dampak kerusakan dan mengevaluasi pohon tumbang. Ia mengimbau masyarakat untuk tetap waspada mengingat musim hujan masih akan terjadi sampai beberapa hari ke depan. "Ada atau tidak ada hujan masyarakat harus sudah siap menghadapi bencana," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement