Setiap Kecamatan di Bantul Dapat Dua Sepeda Motor Baru

Sekda Bantul Helmi Jamharis (dua dari kiri) saat menyerahkan motor dinas kepada camat dan kepala OPD di depan kantor Bupati Bantul, Kompleks Parasamya. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
05 Maret 2019 12:57 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Sebanyak 41 unit sepeda motor dibagikan ke semua kantor kecamatan dan beberapa organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Bantul.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul, Helmi Jamharis mengatakan 41 unit kendaraan tersebut untuk 17 kecamatan. Masing-masing kecamatan mendapat dua unit sepeda motor.

Pengadaan sepeda motor senilai Rp717 juta itu, kata dia, dimaksudkan untuk memudahkan mobilitas petugas untuk memantau kesiapan pemilu. "Pemerintah kecamatan sangat membutuhkan kendaraan roda dua untuk memantau kesiapan pemilu dan membuat ketentraman dan ketertiban wilayah," kata Helmi, saat menyerahkan sepeda motor dinas di halaman Pemkab Bantul, Senin (4/3/2019).

Mantan Sekretaris DPRD Bantul itu mengatakan sejauh ini masing-masing kecamatan memang sudah memiliki kendaraan dinas, namun jumlahnya masih kurang. Bahkan beberapa kendaraan dinas diakui dia, sudah cukup usang sehingga tidak efektif untuk mendukung kelancaran bertugas. “Kendaraan yang sudah tua sedang didata agar masuk daftar lelang tahun ini,” kata dia.

Selain itu sepeda motor dinas juga diperlukan mengingat situasi dan kondisi alam saat ini memungkinkan adanya gangguan, seperti pergerakan tanah, banjir, dan pohon tumbang yang sulit ditempuh dengan kendaraan roda empat sehingga perlu menggunakan roda dua dalam proses pemantauan ke masing-masing wilayah.

"Sepeda motor disediakan karena tidak semua ruas jalan masuk mobil. Motor ini harap dapat menjangkau seluruh wilayah. Karena kecamatan dituntut selalu dekat dengan mayaarakat," ujar Helmi.

Camat Sedayu, Fauzan Mu'arifin mengatakan bantuan dua unit motor untuk kecamatan yang dipimpinya sangat membantu. Dua unit motor tersebut akan diserahkan ke dua seksi yang mobilitasnya cukup tinggi di masyarakat, yakni Seksi Ekonomi dan Pembangunan dan Seksi Kemasyarakatan.

Kedua seksi tersebut selama ini juga tidak mengenal jam kerja, karena berkaitan dengan kegiatan di masyarakatan, seperti kesenian, keagamaan, kebudayaan, pariwisata, dan berkaitan dengan pendampingan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Sejauh ini di Kecamatan Sedayu hanya ada satu unit mobil dinas camat dan tiga sepeda motor dinas untuk kegiatan sekretaris kecamatan, seksi keamanan dan ketertiban (trantib), dan penjaga malam. "Jadi sering kegiatan dinas pake kendaraan pribadi. Jadi untuk Sedayu motor dinas ini sangat membantu," ujar Fauzan.

Selain 17 kecamatan, motor dinas tersebut juga dibagikan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Bagian Organisasi Setda Bantul, dan Bagian Humas dan Protokol (Humpro).‎