Ayo, Waktu untuk Mengisi Formulir A5 di Bantul Tinggal 3 Hari Lagi

Ilustrasi Pemilu - JIBI
14 Maret 2019 13:37 WIB Lugas Subarkah Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--KPU Bantul masih membuka pendaftaran bagi para pemilih asal luar kota yang hendak memilih di Kabupaten Bantul sampai Minggu (17/3/2019).

Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho mengatakan KPU Bantul masih memberikan pelayanan pengisian formulir A5 bagi para pemilih dari luar Bantul hingga Minggu, maksimal pukul 16.00 WIB.

Prosespengisian formulir A5, kata Didik, bisa dilakukan kantor KPU Bantul maupun di PPS tingkat desa.
Sejauh ini, kata dia, para pendaftar formulir A5 cukup banyak. Untuk yang datang ke kantor KPU Bantul, setiap hari rata-rata ada 20 orang. "Sejak DPT [Daftar Pemilih Tetap] ditetapkan sampai pleno 17 Februari lalu, jumlah pendaftar formulir A5 telah mencapai 5.757 orang," kata Didik kepada Harianjogja.com, Kamis (14/3/2019).

Setelah pelayanan ditutup, KPU Bantul akan kembali merekap jumlah pendaftar A5. “Yang Maret ini masih proses. Jadi nanti ada dua kali penetapan untuk pemilih pindahan ini,” ujar dia.

Para pengisi formulir A5 ini nantinya akan mendapat surat suara sesuai dari mana lokasi asalnya. Jika masih berasal dari DIY, maka mereka akan mendapat surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, pemilihan anggota legislatif, serta pemilihan anggota DPD RI.

Sementara jika dari luar DIY, hanya akan mendapat surat suara pilpres.
Didik mengaku pemilih yang mengisi formulir A5 di Bantul ini didominasi oleh mahasiswa. “Paling banyak ada wilayah yang ada kampusnya seperti Kecamatan Sewon, Kecamatan Kasihan, dan Kecamatan Banguntapan," ucap Didik.