Advertisement

Banjir di Bantul Parah, Hampir Mirip Efek Badai Cempaka 2017

Abdul Hamied Razak & Ujang Hasanudin
Minggu, 17 Maret 2019 - 21:52 WIB
Budi Cahyana
Banjir di Bantul Parah, Hampir Mirip Efek Badai Cempaka 2017 Ilustrasi banjir di Bantul saat Badai Cempaka 2017 lalu. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Hujan dengan intensitas tinggi dan berlangsung seharian pada Minggu (17/3/2019) ini menyebabkan banjir di sejumlah wilayah di DIY. Banjir terparah terjadi di wilayah Bantul.

Beberapa lokasi di Bantul juga mengalami longsor akibat hujan deras. Belum ada laporan korban jiwa dan kerugian material. Namun, sejumlah warga yang terkena banjir sudah mengungsi ke lokasi yang lebih aman.

Advertisement

Sebagian besar wilayah yang mengalami banjir saat ini hampir sama dengan yang terjadi saat badai Siklon Cempaka melanda kawasan DIY pada 2017 lalu. Seperti yang dialami warga Ngrancah, Sariharjo, Imogiri, Bantul.

Sekretaris Korps Sukarelawan PMI Bantul Bambang Topobroto saat melakukan proses evakuasi mengatakan hujan deras yang terjadi sejak Minggu siang hingga malam berdampak pada sejumlah lokasi mengalami banjir. Salah satunya di wilayah Ngrancah, Sriharjo, Imogiri. Sejumlah warga sudah mengungsi (diungsikan) sejak Minggu malam lantaran banjir mulai memasuki area permukiman.

“Warga mulai mengungsi ke lokasi yang aman sejak sore. Sebagian ke tempat saudara, sebagian dikonsentrasikan ke SDN Ngrancah,” katanya saat dihubungi Harian Jogja, Minggu malam.

Kepin, sapaan akrab Bambang belum bisa memastikan jumlah kepala keluarga yang mengungsi. Pasalnya, proses pendataan warga masih terus berlangsung.

Menurut dia, banjir di wilayah Ngrancah tahun ini adalah yang kedua dalam beberapa tahun terakhir. Sebelumnya banjir juga melanda kawasan tersebut saat Badai Cempaka 2017 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

WhatsApp Bocor, Israel Dikabarkan Gunakan Data untuk Serang Rumah Warga Palestina

News
| Rabu, 24 April 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement