Ini Dia Cara FK-KMK UGM Asah Kepekaan Jiwa Seni Warganya

Salah satu penampil dalam Classical Night Concert 2019 The Beautiful Symphony, di auditorium Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) UGM, Sabtu (16/3/2019). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo
17 Maret 2019 17:22 WIB Herlambang Jati Kusumo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Gelaran Classical Night Concert 2019 The Beautiful Symphony semarakkan rangkaian Dies Natalis ke-73 Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) UGM, di Auditorium FK-KMK UGM, Sabtu (16/3/2019).

Ketua Panitia Dies Natalis Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) UGM 2019, M.Rosadi Seswandhana mengungkapkan selain acara ilmiah sebagai institusi pendidikan dalam rangakain acara Dies Natalis, kegiatan ini menunjukan bagaimana tempat bekerja juga menjadi suatu wilayah dengan gaya hidup sehat baik jasmani maupun rohani.

“Acara ilmiah tetap ada seperti ASM [Annual Scientific Meeting] untuk disumbangkan ke pemerintah yang akan datang, guna peningkatan dunia kesehatan. Untuk kegiatan ini sebagai wadah civitas academica untuk mengembangkan jiwa seni,” ucap Rosadi.

Menurut dia jiwa seni itu tak kalah penting. Dengan mewadahi seni, kesehatan jiwa yang diharapkan semakin baik akan terjaga. Karena itulah dia berharap kegiatan semacam ini tetap terwadahi.

“Kami coba kembangkan terus sebagai wadah keluarga besar [FK-KMK], gaya hidup sehat, jasmani rohani, jiwa seni tetap terjaga. Supaya jiwa bisa tetap sensitif terhadap hal-hal yang ada di sekitar,” ujar dia.

Ketua acara Classical Night Concert 2019, Carla Raymondalexas Marchira mengungkapkan kualitas acara ini dari tahun ke tahun kian meningkat. “Dulu rata-rata penampilnya cuma solo, akhirnya kami kembangkan dengan orkestra. Biasanya repertoranya klasik-klasik. Tahun ini kami tambahkan, repertoarnya lagu-lagu Disney di sesi tiga,” ucapnya.

Pergelaran itu, kata dia, dibagi menjadi tiga sesi. Pertama menampilkan Medical Chamber Orchestra, sedangkan pada sesi kedua penampilan solo, barulah sesi ketiga ditampilkan lagu-lagu Disney.

Dia berharap acara ini dapat terus berjalan karena tiap tahun bisa terselenggara dengan baik. “FK-KMK harapan saya di Dies Natalis ini akademiknya tetap terbaik namun seninya juga tetap jalan,” ucapnya.

Pada hari yang sama dalam rangkaian acara Dies Natalis ke-73 ini juga diselenggarakan seminar dengan judul Kiat Mencegah Miskin pada Masa Usia Lanjut dan Berkendara yang Aman Bagi Usia Lanjut.