Advertisement

BMKG: Suhu Samudra Hindia Sebabkan Hujan Terus-Menerus, Waspadai Banjir & Longsor hingga 20 Maret

Abdul Hamied Razak
Senin, 18 Maret 2019 - 05:27 WIB
Budi Cahyana
BMKG: Suhu Samudra Hindia Sebabkan Hujan Terus-Menerus, Waspadai Banjir &  Longsor hingga 20 Maret Jalan Pahlawan, Dusun Bendungan Kidul, Desa Bendungan, Wates terkena banjir akibat tanggul jebol di bantaran Sungai Serang pada Minggu (17/3/2019). - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—BMKG Jogja mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi banjir dan tanah longsor hingga Rabu, 20 Maret lusa.

Kepala Stasiun Klimatologi Mlati BMKG Jogja Reni Kraningtyas dalam siaran persnya menjelaskan kondisi atmosfer saat ini hingga beberapa hari ke depan diindikasikan mengalami peningkatan. Ini ditandai dengan terdeteksinya aliran udara basah dari Asia menuju wilayah Jawa. “Terdeteksi juga adanya Tropical Cyclone Savannah [Siklon Tropis Savannah] di Samudera Hindia yang berdampak pada terbentuknya palung tekanan udara rendah dan perlambantan angin di wilayah Jawa,” kata dia, Minggu (17/3/2019).

Advertisement

Hangatnya suhu permukaan laut di Samudera Hindia bagian selatan Jawa 28 - 30 derajat Celsius, lanjut Reni, disinyalir ikut menyumbang pasokan uap air yang melimpah bagi pembentukan awan hujan di wilayah Jawa. Kondisi tersebut diperkirakan menyebabkan udara hangat lembab dan labil sehingga berpotensi mengakibatkan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang sepanjang hari.

“Hujan sedang hingga lebat di wilayah DIY diprakirakan terjadi di beberapa wilayah,” ujar dia.

Potensi hujan lebat di Kulonprogo diperkirakan terjadi mulai Girimulyo, Nanggulan, Samigaluh hingga Kalibawang. Potensi hujan di Kabupaten Sleman meliputi Turi, Pakem, Cangkringan, Tempel, Sleman, Ngaglik, Ngemplak, Minggir, Seyegan, Godean, Mlati, Gamping, Depok, Kalasan, Berbah, dan Prambanan. “Seluruh wilayah di Kota Jogja mengalami hal yang sama,” kata dia.

Adapun di Bantul, potensi hujan meliputi Sedayu, Kasihan, Sewon, Pajangan, Bantul, Pleret, Piyungan, Jetis, Imogiri, dan Dlingo sedangkan Kabupaten Gunungkidul meliputi Gedangsari, Ngawen, Nglipar, Patuk, Paliyan, Wonosari, Karangmojo, Semin, hingga Ponjong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement