Buku Soal Budi Daya Nila di Terpal Dibedah

Para narasumber dalam bedah buku yang digelar Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY, Rabu (20/3/2019). - Harian Jogja/Yogi Anugrah
20 Maret 2019 21:07 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY bekerja sama dengan DPRD DIY kembali menggelar bedah buku di salah satu warung makan di Desa Sidokarto, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Rabu (20/3/2019).

Bedah buku yang berjudul Budi Daya Ikan Nilai di Kolam Terpal tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat cara dan prospek budidaya ikan nila di kolam terpal. Panuwun Budi Raharjo yang mewakili penulis buku tersebut mengungkapkan buku Budi Daya Ikan Nilai di Kolam Terpal berisi tentang prospek budi daya ikan nila, lokasi dan cara membuat kolam terpal, pengelolaan air, penanggulangan hama, hingga menganilisis tentang usaha budi daya. “Keunggulan kolam terpal adalah dapat diterapkan di berbagai tempat, tidak harus dilahan yang ideal sebagaiman kolam konvensional,” ujar dia saat memaparkan materinya dalam bedah buku tersebut, Rabu.

Selain itu Panuwun juga mengatakan kolam terpal juga lebih mudah untuk dibersihkan dan dipindahkan, kolam terpal juga dapat memacu pertumbuhan ikan, kelangsungan hidup ikan lebih tinggi, dan ikan panen tidak berbau lumpur. “Karena keunggulan itulah maka budi daya ikan di kolam terpal terus berkembang, termasuk untuk pemeliharaan ikan nila,” ucap dia.

Kepala Seksi Pengembangan Minat dan Budaya Baca DPAD DIY, Aris Widiyanto mengakui saat ini, rendahnya minat baca di masyarakat disebabkan oleh banyak faktor. “Untuk meningkatkan minat baca tersebut, dibutuhkan kerja sama dari semua pihak yaitu, penulis buku, penerbit, dan juga pemerintah. Digelarnya bedah buku merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan minat baca,” kata dia, Rabu (20/3).

Lebih lanjut, kata dia, dari periode Januari hingga September, pihaknya akan mengadakan 60 kali kegiatan bedah buku di seluruh kabupaten/kota se-DIY. “Kegiatan bedah buku kali ini merupakan gelaran ke-30,” ujar dia

Aris menjelaskan selain untuk meningkatkan minat baca, bedah buku tersebut juga bisa memberikan informasi kepada masyarakat bagaimana cara yang benar untuk membudidayakan ikan nila di kolam terpal sehingga bisa meningkatkan perekonomian.

“Diharapkan masyarakat bisa mendapat informasi dan pengetahuan setelah mengikuti bedah buku ini, apalagi budidaya ikan nila bisa dilakukan diluar pekerjaan pokok,” ucap dia.