Ini Dia yang Dilakukan Bupati Bantul saat Merayakan Ultah

Bupati Bantul Suharsono (kanan) menyalami anak yatim piatu di Masjid Agung Bantul, Selasa (26/3/2019). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
26 Maret 2019 17:22 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Bupati Bantul Suharsono genap berusia 62 tahun, Selasa (26/3/2019). Tidak ada perayaan pesta kue dan tiup lilin seperti layaknya perayaan ulang tahun, melainkan hanya mengundang anak yatim piatu dan menggelar pengajian bersama aparatur sipil negara (ASN) di Masjid Agung Bantul..

Tidak hanya diikuti ASN, namun pengajian tersebut juga diikuti anggota TNI dan Polri, karyawan BUMN dan BUMD, serta masyarakat sekitar masjid. Ada yang berbeda seusai pengajian berlangsung, Erna Kusmawati, istri Suharsono langsung maju ke depan jemaah pengajian, lalu mencium tangan Suharsono yang lantas dibalas oleh Suharsono dengan mendaratkan ciumannya ke pipi kanan dan kiri istrinya itu.

Tak hanya mendapat ucapan selama dari sang istri, sejumlah ASN, TNI-Polri, dan masyarakat juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada Suharsono. Dalam kesempatan tersebut pensiunan Polri berangkat Komisaris Besar ini langsung membagikan santunan kepada 150 anak yatim.

Tidak banyak yang diucapkan Suharsono. Ia senang bisa mengundang anak-anak yatim karena doa anak yatim dan piatu mustajab. "Minta doa restu agar sehat selalu dalam mengabdi agar keinginan mensejahterakan rakyat bisa tercapai," ucap Suharsono.

Demikian pula Erna Suharsono juga berharap doa restu dari semua masyarakat Bantul agar suaminya diberi umur panjang, umur yang barokah dan manfaat, serta kemudahan dan kelancara dalam mengemban amanah di Bantul.

Selama ini ia mengenal suaminya sebagai pekerja keras tanpa lelah. Bahkan setelah menjadi Bupati Bantul hampir semua waktunya untuk masyarakat, "Yang penting jaga kesehatan dan kurangi melek malamnya," ucap Erna.

Suharsono lahir pada 26 Maret 1957. Sebelum berkiprah di dunia pemerintahan, dia lama berkarier di kepolisian sejak muda hingga pensiun dengan pangkat terakhir Komisaris Besar. Ayah dari dua anak ini kemudian mencalonkan diri menjadi Bupati Bantul pada 2015 dan terpilih bersama Abdul Halim Muslih hingga 2021 mendatang.