Advertisement

Dana Desa Bisa Danai Kegiatan Kesehatan

Fahmi Ahmad Burhan
Rabu, 10 April 2019 - 23:37 WIB
Galih Eko Kurniawan
Dana Desa Bisa Danai Kegiatan Kesehatan Ilustrasi - JIBI/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dana desa (DD) yang dikucurkan sebanyak Rp90 miliar untuk semua desa di Kulonprogo tahun ini didorong bisa dimanfaatkan untuk bidang kesehatan meski dalam realisasinya tetap paling banyak dimanfaatkan untuk infrastuktur.

Pelaksana Harian Kepala Dinkes Kulonprogo Ananta Kogam Dwi Korawan mengungkapkan desa harus bisa memaksimalkan dana desanya untuk kesehatan karena sumber anggaran dari Dinkes melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) terbatas bagi tiap desa.

Advertisement

Dana desa bisa dimanfaatkan bagi beberapa program seperti pengembangan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) atau untuk operasional kegiatan terkait dengan kesehatan. "Bisa juga digunakan untuk PMT [pemberian makanan tambahan] atau jamban desa,” ujarnya kepada Harian Jogja, Rabu (10/4/2019).

Berdasarkan Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI No.16/2018 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa 2019, dana desa bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan kesehatan yang diantaranya meliputi penyediaan air bersih, PMT untuk bayi dan balita sampai pelatihan pemantauan perkembangan kesehatan ibu hamil atau ibu menyusui.

Tahun ini, Kulonprogo mendapatkan total dana desa sebanyak Rp90 miliar. Jumlah itu meningkat dibanding tahun lalu yang mencapai Rp76 miliar. Kepala Seksi Keuangan dan Pendapatan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDP2KB) Kulonprogo, Joko Susanto, mengatakan pencairan dana desa sudah dilakukan pada Februari lalu untuk tahap pertama.

Soal pemanfaatan dana desa secara keseluruhan diserahkan pada tiap desa melalui musyawarah. “Untuk pemanfaatan ada aturannya namun secara keseluruhan kebijakan pemanfaatan itu ada di musyawarah desa. Relatif di tahun ini masih tetap paling banyak untuk infrastuktur,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement