Kejar Ijazah Setara SMA, Ratusan Orang Ikuti UNBK Paket C

Bupati Gunungkidul, Badingah (tengah), berdialog dengan penanggungjawab UNBK Paket C di SMP Negeri 1 Semanu, Jumat (12/4/2019). - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono
12 April 2019 19:27 WIB Rahmat Jiwandono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sebanyak 488 orang dari berbagai usia mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Paket C di Kabupaten Gunungkidul. Rencananya UNBK Paket C berlangsung hingga Senin (15/4/2019).

Bupati Gunungkidul, Badingah, saat meninjau pelaksanaan ujian di SMP Negeri 1 Semanu, mengatakan jumlah peserta ujian yang mencapai ratusan orang menandakan animo masyarakat untuk menuntut ilmu sangat tinggi. Menurut Bupati, saat ini kriteria pendidikan untuk melamar pekerjaan minimal jenjang SMA sederajat. "Jika mereka punya ijazah Paket C bisa mendapat pekerjaan yang lebih baik," ucap Badingah, Jumat (12/4/2019).

Menurut Badingah, program UNBK Paket C dapat mendongkrak lama sekolah selama 12 tahun yang dicanangkan oleh pemerintah. Dia menyatakan zaman dahulu orang-orang di Gunungkidul setelah lulus SD atau SMP enggan menuntut ilmu. "Dengan berkembangnya Gunungkidul, masyarakat juga berkembang dengan lebih memperhatikan latar belakang pendidikannya," ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul, Bahron Rasyid, menyatakan penyelenggaraan UNBK Paket C dibagi menjadi 12 sekolah tempat ujian. "SMP Negeri 1 Semanu menjadi salah satu tempat ujian," kata dia.

Menurut Bahron mata pelajaran yang diujikan berjumlah enam mata pelajaran. "Contohnya untuk yang jurusan IPS mata pelajaran yang diujikan meliputi Bahasa Indonesia, Geografi, Matematika, Bahasa Inggris, Pendidikan Kewarganegaraan, dan Ekonomi," ujarnya.

Seorang peserta ujian asal Desa Patuk, Kecamatan Patuk, Agus Susanto, 40, mengaku mengikuti UNBK Paket C agar mendapatkan ijazah setara SMA dan penasaran dengan pelaksanaan ujian. Agus tidak menemui kendala saat mengerjakan soal ujian. "Semuanya bisa saya kerjakan dengan lancar," ucap Agus.