Dinginkan Suhu Setelah Pemilu, Acara Ini yang Digelar Disbud Sleman

Ilustrasi jatilan - Harian Jogja/Uli Febriarni
17 April 2019 14:17 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Guna menetralkan situasi pasca-Pemilu 2019, pentas seni bakal digelar oleh Dinas Kebudayaan (Disbud) Sleman. Gelaran yang rencananya digelar di Dusun Butuhan, Desa Sendangrejo, Kecamatan Minggir, Sleman selama dua hari, yakni pada 20-21 April tersebut bakal diramaikan oleh grup Andromeda Band dan Pelangi Band serta kelompok jatilan Kudho Praneso.

Kepala Disbud Sleman Aji Wulantara mengatakan acara tersebut sejatinya merupakan rangkaian dari Gebyar Budaya yang digelar masyarakat Minggir yang didukung pula oleh Dana Keistimewaan (Danais).

Pada hari pertama, kata Aji, mulai jam 20.00 WIB akan dipentaskan grup Andromeda Band pimpinan Dwi Heri Supriyanti dan Pelangi Band pimpinan Anjar Setiadi. Selain itu, panggung juga bakal diramaikan oleh pentas Dagelan Mataram. “Di hari kedua, mulai jam 11.00 WIB akan dipentaskan kesenian jatilan dari Kudho Praneso dari Gamping Tengah Ambarketawang Gamping Sleman,” kata Aji, Rabu (17/4/2019).

Dia menambahkan acara Gebyar Budaya tersebut diharapkan dapat menjadi hiburan bagi masyarakat sekaligus untuk menjalankan misi memasyarakatkan kebudayaan bagi segenap lapisan masyarakat. Selain itu, kata Aji, melalui gelar budaya tersebut dapat menjadi ajang pemersatu masyarakat usai pesta demokrasi.

Aji menuturkan jika perbedaan pilihan dalam pemilihan presiden dan pemilihan legislatif merupakan hal yang biasa yang tidak perlu dipertentangkan. "Siapapun nantinya yang terpilih itulah pilihan masyarakat untuk kemudian didukung bersama-bersama untuk membangun masyarakat dan bangsa," ujar dia.