Gedung Dipindah, Pelayanan Puskesmas Wonosari I Tetap Sama Maksimal

Ilustrasi pelayanan kesehatan - JIBI
23 April 2019 20:12 WIB Rahmat Jiwandono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskemas I Wonosari menjamin pelayanan kesehatan kepada masyarakat tetap maksimal meski untuk sementara waktu ruang pelayanan dipindah ke Balai Desa Karangrejek. Tahun ini, gedung Puskesmas Wonosari I direnovasi total.

Kepala UPT Puskesmas I Wonosari, Ariningsih, mengatakan sejak Kamis (18/4/2019) pelayanan di Puskesmas Wonosari I pindah ke Balai Desa Karangrejek. "Meski pindah, pelayanan tetap seperti biasa," ucap Ariningsih kepada Harian Jogja, Selasa (23/4/2019)

Sesuai desain, gedung puskemas yang baru nantinya lebih representatif karena merupakan puskemas yang terletak di wilayah kota Wonosari, sekaligus berada di jalur menuju kawasan wisata pantai.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul, Priyanta Madya Satmaka, mengatakan pembangunan gedung Puskesmas Wonosari I menghabiskan dana Rp5 miliar yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK). Untuk pembongkaran bangunan lama, Dinkes berkoordinasi dengan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Gunungkidul. "Tujuannya adalah penghapusan aset puskesmas. Bangunan lama boleh dirobohkan jika asetnya sudah dihapus," ucapnya.

Menurut dia, bangunan puskesmas yang baru terdiri dari dua lantai. "Pembangunan ini sebagai salah satu pemenuhan syarat standar pelayanan sesuai dengan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan," kata dia.

Pembangunan gedung puskesmas yang baru dimulai paling lambat Mei atau Juni 2019. Targetnya pembangunan selesai pada akhir 2019. "Akhir tahun harus bisa difungsikan lagi," kata Priyanta Madya.