Advertisement

Ratusan Rambu Portabel Siap Dipasang di Jalur Mudik

Ujang Hasanudin
Jum'at, 17 Mei 2019 - 23:47 WIB
Arief Junianto
Ratusan Rambu Portabel Siap Dipasang di Jalur Mudik Petugas Dishub Bantul menunjukkan rambu portabel sebelum dipasang di jalur mudik dan jalur menuju objek wisata. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul sudah menyiapkan sekitar 100 unit rambu lalu lintas dan petunjuk arah portabel di jalur mudik dan jalur menuju sejumlah objek wisata di Bantul.

"Pemasangan rambu portabel sudah dimulai dan maksimal pekan depan harus sudah terpasang semua. Jumlah rambu portabel yang dipasang ada 100 lebih," kata Kepala Bidang Lalu Lintas, Dishub Bantul, Agus Jaka, Jumat (17/5/2019).

Advertisement

Agus mengatakan rambu lalu lintas dan petunjuk arah portabel itu dipasang untuk mempermudah pemudik dan wisatawan karena pada saat arus mudik dan masa liburan nanti terdaat sejumlah ruas jalan yang dialihkan, sehingga masyarakat ancang-ancang sebelum mencapai lokasi tujuan mudik atau wisata.

Dia mencontohkan terdapat sejumlah jalur alternatif dari arah barat menuju Bantul selain harus melalui Jalan Jogja-Wates, di antaranya melalui Jalan Srandakan dari arah Wates, Kulonprogo. Atau jika sudah melintas sampai Sedayu bisa mengambil arah Pajangan dari Simpang Klangon.

Kemudian jika di Jalan Srandakan terdapat pasar tumpah yang menjadi rutinitas warga di sekitar Mangiran, maka jalur akan dialihkan menuju Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) dari Bundaran Srandakan.

Kemudian pemasangan rambu dilakukan di jalur menuju Dlingo, Imogiri-Mangunan, dan Jalan Parangtritis. "Biasanya kalau Jalan Patangtritis padat langsung direkayasa dengan menutup sejumlah simpang dari Tembi, Manding, Patalan, sampai ke selatan dibuat dua jalur selatan dan utara. Traffic light akan dimatikan dan diganti dengan rambu, " papar Agus.

Selain memasang rambu portabel, Dinas Perhubungan Bantul juga akan memasang Rambu Petunjuk Pendahulu Jurusan (RPPJ) di titik-titik tertentu jakur alternatif.

Kapolda DIY, Irjen Ahmad Dofiri dalam kesempatan safari Ramadan ke Bantul pekan lalu mengatakan fokus pengamanan polisi pada musim mudik dam liburan tahun ini lebih ke jalur menuju objek wisata.

"DIY ini kan menjadi kota tujuan biasanya akan ramai setelah lebaran di tempat-tempat wisata, seperti di Gunungkidul dan tempat wisata masing-masing wilayah," kata Dofiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Bongkar Kasus Korupsi PT Timah Menyeret Harvey Moeis, Ini Komentar Kementerian BUMN

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement