Investasi Perumahan dan Hotel di Kulonprogo Melejit

Ilustrasi investasi. - Bisnis Indonesia
21 Mei 2019 19:07 WIB Fahmi Ahmad Burhan Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO- Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (DPMPT) Kulonprogo mencatat, di triwulan pertama investasi Kulonprogo untuk hotel dan perumahan melejit. Realisasi investasi di tiga bulan pertama itu mencatatkan Rp19,7 miliar.

Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPT Kulonprogo, Dheny Setyawati mengatakan total semua investasi yang masuk di Kulonprogo pada tiga bulan pertama mencapai Rp179,8 miliar. "Masih banyak yang belum melaporkan investasinya. Biasanya banyak yang melaporkan nilai investasinya itu di akhir tahun," jelas Dheny pada Harianjogja.com, Selasa (21/5/2019).

Ia menjelaskan, untuk capaian di triwulan pertama, investasi hotel dan perumahan cenderung melejit. Nilai investasi hotel dan perumahan mencapai Rp16,9 miliar. "Setelah beroperasinya Bandara YIA, investasi di sektor hotel dan perumahan cenderung naik," tutur Dheny.

Untuk sektor hotel, investasi yang masuk tidak lagi hanya hotel tingkat rendah, tapi mulai muncul hotel berbintang. Sedangkan, untum perumahan, di tahun lalu saja, muncul investasi baru untuk pembangunan perumahan dengan segmentasi Non Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Untuk sektor hotel, investasi masuk paling banyak ada di Temon, sedangkan untum perumahan masyoritas masih ada di Wates. Menurutnya, ke depan, investasi di sektor hotel dan perumahan itu cenderung akan lebih ramai lagi.