Advertisement

SD Muhammadiyah Pakel Gelar Pesantren Ramadan

Uli Febriarni
Kamis, 23 Mei 2019 - 20:42 WIB
Laila Rochmatin
SD Muhammadiyah Pakel  Gelar Pesantren Ramadan Anak-anak mengikuti kegiatan pesantren Ramadan di SD Muhammadiyah Pakel. Acara digelar Kamis-Jumat (23-24/5/2019). - IST

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--SD Muhammadiyah Pakel gelar pesantren Ramadan, Kamis-Jumat (23-24/5/2019). Pesantren yang diperuntukkan bagi 280 siswa kelas III-V ini digelar tanpa menginap.

Kepala SD Muhammadiyah Pakel Menik Kamriana mengungkapkan bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan sehingga hendaknya dimanfaatkan anak-anak untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah.
"Dengan cara menjauhi hal-hal yang tidak berguna, seperti bicara kotor dan menyalakan petasan," kata dia, Kamis (23/5/2019).

Advertisement

Ia mengatakan kegiatan dibuka dengan pembacaan surat Ar Rahman oleh Fatimah Az-Zahra Maryata, siswa kelas V, yang menjuarai Tahfidz tingkat kota dan akan maju tingkat provinsi.

Menurut dia, anak-anak terlihat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Terlihat dari wajah mereka yang tetap berseri dan tidak mengeluh sampai sore hari.

Ketua Panitia Ramadan Roma Sukarno menuturkan pesantren Ramadan kali ini dibuat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu lebih banyak ke penanaman karakter terhadap siswa. Di antaranya karakter disiplin, kerja sama, mandiri, religius dan keberanian. Anak-anak akan mendapatkan kesempatan yang sama dalam belajar fikih dan mengikuti kegiatan lomba antarteman. Anak-anak juga diberi materi menonton film bertema islami bersama-sama.

Sie Lomba Niken Habsari menyatakan lomba-lomba yang diadakan mengacu pada lomba MTQ. Mulai dari pildacil, adzan, tahfidz, tarlil quran dan puitisasi sari tilawah quran.

"Diharapkan sekolah bisa menggali potensi anak dan mendapatkan bibit-bibit unggul dalam bidang lomba keagamaan sejak dini," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement