Parangtritis Akan Ditata, Fasilitas Mangkrak Dimaksimalkan Pemanfaatannya

Ilustrasi wisatawan memadati Pantai Parangtritis, Sabtu (16/6/2018). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo
23 Mei 2019 08:17 WIB Kiki Luqmanul Hakim (ST16) Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL – Dinas Pariwisata (Dinpar) Bantul telah memikirkan upaya untuk meningkatkan kunjungan wisata pada kawasan barat Pantai Parangtritis. Pantai Parangtritis sendiri merupakan bagian dari rencana  tersebut, hal ini dilakukan agar fasilitas yang sudah ada di kawasan pantai dapat digunakan secara maksimal.

Kepala Dinpar Bantul, Kwintarto Heru Prabowo mengaku jika saat ini kunjungan para wisatawan di Parangtritis Baru dan Parangkusumo masih dikatakan sepi. Minimnya jumlah pengunjung tersebut yang membuat fasilitasnya menjadi mangkrak.

“Parangtritis sendiri masih menjadi destinasi utama para wisatawan yang datang, tapi hal itu menimbulkan adanya penumpukan pedagang dan membuat kawasan tersebut terlihat semrawut, sedangkan fasilitas yang sudah kami bangun dikawasan lainnya jadi mangkrak,” katanya Minggu (19/5/2019).

Pihaknya sebenarnya sudah mengarahkan para pelaku usaha untuk tidak menumpuk di salah satu kawasan saja, namun para pedagang tetap nekat berkumpul di kawasan Parangtritis.

“Maka dari itu penataan Parangtritis di tahun ini, akan kami coba mengarahkan lagi para pedagang untuk berpindah ke daerah barat Parangtritis agar tidak semrawut lagi,” kata Kwintarto.

Ia menambahkan bahwa dalam perencaan tahun ini juga pihaknya akan menggencarkan promosi kawasan barat Parangtritis agar nantinya saat musim liburan para pengunjung juga ramai di kawasan barat tersebut.

“Promosi di kawasan memang perlu lebih aktif lagi, ta[i kita juga akan menambahkan kegiatan atau atraksi wisata lainnya agar para wisatawan juga tertarik di Parkus [Parangkusumo] atau di wilayah barat,” katanya.