Perangi Korupsi, PLN UIP JBT II Teken Pakta Integritas

Ilustrasi PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan/ UP3 Yogyakarta melaksanakan Kegiatan Apel dan Doa Bersama Kesiapan Keandalan Kelistrikan. - Harian Jogja/Istimewa
25 Mei 2019 07:07 WIB Kusnul Isti Qomah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah II (UIP JBT II) berkomitmen untuk mencegah dan memberantas segala bentuk korupsi. Komitmen itu ditandai dengan deklarasi dan penandatanganan bersama pakta integritas sebagai wujud nyata penerapan budaya PLN yaitu integritas.

General Manager UIP JBT II Eko Priyantono Aviantoro mengatakan setiap pegawai harus memiliki tanggung jawab dan integritas yang menjadi salah satu budaya bekerja yaitu SIPP (Saling peduli, Integritas, Peduli, Pembelajar). Sebagai salah satu unit PLN yang memiliki tanggung jawab atas pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan seperti GITET, SUTET, GI, SUTT di wilayah Jawa Bagian Tengah, dalam keseharian akan banyak berhubungan dengan eksternal dari PLN.

"Hal ini menjadi sangat rentan akan tindak pidana korupsi di mana gratifikasi menjadi bagian di dalamnya. Melalu pengarahan, sosialisasi anti gratifikasi, deklarasi dan penandatanganan pakta integritas diharapkan bisa menjadi dorongan komitmen yang kuat untuk para pegawai dalam menyikapi pemberian gratifikasi ilegal atau pemberian yang masih berkaitan dengan jabatannya yang tidak diperbolehkan dalam peraturan [UU 31/1999 dan UU 20/2001]," kata dia dalam rilisnya, Kamis (23/5/2019).

Eko Priyantono mengatakan pekerjaan di PLN terkait dengan hajat hidup orang banyak sehingga sangat rawan dengan berbagai konflik kepentingan. "Maka dari itu kami mengimbau kepada seluruh pegawai juga kepada diri sendiri untuk sedapat mungkin menghindari risiko-risiko yang berhubungan dengan konflik kepentingan khususnya yang masih berhubungan dengan jabatan yang kita miliki," papar dia.

Kegiatan ini diakhiri dengan penandatanganan komitmen anti gratifikasi oleh seluruh pegawai UIP JBT II dengan sebelumya dibacakan terlebih dahulu poin-poin komitmen tersebut oleh General Manager dan diikuti oleh seluruh pegawai. Penandatangan ini digelar pada Selasa (21/5/2019).

Setelah menggelar penandatangan pakta integritas, PLN UIP JBT II juga meramaikan momen Ramadan dengan menggelar buka puasa bersama dan berbagi kepada sesama pada Rabu (22/5/2019). Bekerja sama dengan YBM-PLN, PLN UIP JBT II mengadakan kegiatan Buka Bersama Keluarga Besar UIP JBT II dengan mengundang 25 anak-anak binaan Yayasan PKPU Human Initiative Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini juga sekaligus menjadi tanggung jawab perusahaan kepada lingkungan sosial.

Eko Priyantono mengatakan dalam acara tersebut PLN UIP JBT II memberikan santunan kepada anak-anak yatim binaan PKPU Human Initiative Daerah Istimewa Yogyakarta. Santunan yang diberikan berupa bingkisan kecil yang diharapkan bisa membantu kehidupan anak-ana khususnya dalam bidang pendidikan.