Wagub DIY Lepas Ribuan Pemudik Warmindo

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X melepas ribuan pemudik Warmindo di Stadion Mandala Krida, Jogja, Rabu (29/5/2019) malam. - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak.
30 Mei 2019 14:07 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Ribuan pedagang warung makan indomie (warmindo) DIY dan Jawa Tengah mudik serentak tahun ini. Mudik gratis bersama itu dilepas langsung oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X di Stadion Mandala Krida, Jogja, Rabu (29/5/2019) malam.

Wagub berharap perjalanan para pemudik bisa lancar hingga ke tempat tujuan. Dia juga meminta, para pemudik dapat kembali ke Jogja dalam kondisi sehat. "Harapannya agar pelaku usaha Warmindo tetap menjaga keistimewaan Jogja saat kembali nanti," ujarnya.

Area Sales Promotion Manager Jogja PT Indofood Tubagus Munadi mengatakan pihaknya 2019 ini memberangkatkan sebanyak 47 bus atau 2.280 pelaku usaha warmindo di Jogja dan Semarang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.750 orang atau 36 bus berasal dari Jogja. "Fasilitas mudik gratis ini menjadi komitmen kami untuk memberikan yang terbaik bagi pelaku usaha Warmindo," katanya.

Pihaknya juga membuka posko Mudik Indomie di sejumlah titik. Mulai Ungaran, Temanggung, Sragen dan Kebumen. Titik posko mudik tersebut sengaja dibangun bagi para pemudik, khususnya di titik-titik lelah para pemudik. "Ke depan, kami akan bekerjasama dengan Pemkot Jogja untuk menggelar program CSR Green Warmindo untuk 50 Warmindo. Program ini akan melakukan pemilahan sampah dan juga membangun bank sampah," katanya.

Walikota Jogja Haryadi Suyuti mengatakan para pedagang warmindo di Jogja menjadi salah satu usaha yang berkembang. Pertumbuhannya tahun ini, berdasarkan laporan Branch Manager PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Divisi Noodle Devie Permana kata Haryadi, naik hingga double digit. "Makin banyaknya Warmindo memiliki konsekuensi logis pada sampah plastiknya. Dalam waktu dekat, ada upaya dari Indofood untuk melakukan program go green dan medaur ulang kemasannya," kata Haryadi.