Lebaran, Layanan BPJS Tetap Dibuka

Ilustrasi BPJS Kesehatan. - Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat
02 Juni 2019 06:07 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wates tetap melayani pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS selama libur Lebaran 2019.

Namun demikian layanan tersebut hanya diperuntukkan bagi pasien yang membutuhkan penanganan gawat darurat. "Kalau tidak sesuai kriteria gawat darurat maka jaminan gugur. Kami imbau agar masyarakat memahaminya. Bukan kami yang menolak pasien tapi memang ini sesuai aturan BPJS," kata Direktur Utama RSUD Wates, Lies Indriyati, dalam jumpa pers persiapan Lebaran, Sabtu (1/6/2019).

Lies mengatakan prinsipnya seluruh pasien yang hendak berobat di RSUD Wates tetap akan dilayani. Meski tidak semuanya bisa menggunakan layanan BPJS. Nantinya bagi yang masuk kategori gawat darurat bisa dilayani di UGD yang telah disiapkan 24 jam. "Selama Lebaran UGD tetap buka termasuk layanan administrasi, sementara untuk poliklinik ditutup sampai berakhirnya libur Lebaran pada 10 Juni," kata dia.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Wates, Agung, mengatakan selama ini banyak masyarakat belum mengetahui penggunaan layanan BPJS dalam kondisi tertentu. Pasien mengira jika pengobatan seluruh penyakit bisa langsung menggunakan layanan tersebut di UGD. Padahal hanya untuk pasien dengan kategori gawat darurat.