Lupa Matikan Kompor, Dapur Ludes Terbakar

Kondisi dapur rumah yang terbakar di Dusun Tritis, Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh ludes terbakar, Minggu (2/6/2019). - Ist/BPBD.
04 Juni 2019 13:57 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, SAMIGALUH--Akibat lupa mematikan kompor, sebuah dapur rumah di Dusun Tritis, Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh ludes terbakar, Minggu (2/6/2019).

Peristiwa bermula saat pemilik rumah, Dwi Susanto, 54, pergi untuk keperluan memenuhi undangan nikah. Namun, saat keluar, diduga ia lupa mematikan kompor yang masih menyala setelah sebelumnya tengah digunakan memasak.

Sekitar pukul 17.15 WIB api dari kompor ternyata membakar ruangan dapur yang terletak di bagian belakang rumah. Kobaran api menghanguskan seluruh peralatan dapur beserta sebagian atap rumah. Warga sekitar bersama relawan dan tim pemadam kebakaran kemudian datang untuk melakukan pemadaman. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Kasie Kedaruratan dan Logistik BPBD Kulonprogo, Suhardiyana mengatakan untuk sementara pihaknya telah memberikan bantuan berupa peralatan dapur dan terpal guna menutup atap yang bolong akibat terbakar. "Sementara kami sudah lakukan penanganan lanjutan dengan memberi bantuan," ucapnya, Senin (3/6/2019).

Atas kejadian ini, dia mengimbau kepada masyarakat agar selalu berhati-hati. Jika hendak pergi ke luar rumah, pastikan kompor, tungku dan peralatan listrik dalam kondisi mati.