Incar Pimpinan DPRD Bantul, Ini Dia Nama yang Disiapkan DPC PKB Bantul

Sekretaris DPC PKB Bantul Subhan Nawawi (kiri) saat mendampingi Ketua DPC PKB Bantul Abdul Halim Muslih (tengah) dalam suatu acara beberapa waktu lalu. - Harian Jogja
09 Juni 2019 15:17 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Kendati Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul belum mengumumkan secara resmi calon anggota DPRD hasil Pemilu lalu, namun Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Bantul sudah gerak cepat. Pengurus partai bergambang bola dunia itu sudah menyiapkan kader untuk menduduki jabatan Wakil Ketua DPRD Bantul periode 2019-2024.

Memang, berdasarkan hasil Pemilu 17 April lalu, PKB tercatat sebagai partai terbesar ketiga setelah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Gerindra dalam hal perolehan kursi. “PKB dapat jatah Wakil Ketua II [DPRD],” kata Sekretaris DPC PKB Bantul, Subhan Nawawi, saat dihubungi, Minggu (9/6/2019).

Dalam Pemilu lalu, PKB memperoleh total 86.989 suara atau enam kursi. Sementara jabatan Ketua DPRD Bantul dipastikan milik PDIP dengan perolehan suara 137.399 suara atau 11 kursi, dan wakil Ketua I DPRD satu ditempati Gerindra dengan jumlah suara 86.375 suara atau delapan kursi.

Namun Subhan mengaku tidak tahu siapa yang akan menduduki jabatan wakil ketua dua karena posisi tersebut baru akan dibahas pengurus DPC setelah pengumuman resmi dari KPU Bantul. Dia menyerahkan jabatan tersebut pada ketua DPC.

Disinggung kesiapan menduduki jabatan tersebut, anggota DPRD yang kembali terpilih untuk kedua kalinya ini tidak bisa menolak jika keputusan partai memerintahkannya. Menurut dia dengan memegang amanah Wakil Ketua DPRD, maka dia lebih leluasa mengawal aspirasi masyarakat. “Prinsip, saya siap mengawal aspirasi masyarakat,” kata Subhan.

Ketua DPC PKB Bantul, Abdul Halim Muslih, mengatakan jabatan Wakil Ketua DPRD Bantul dari PKB akan ditentukan berdasarkan skor. Salah satu bobot tertinggi dalam skor tersebut adalah jabatan di partai.

Selain itu ada pula skor soal integritas, kapasitas, dan lama pengabdian di partai. “Kami memiliki enam anggota perwakilan di DPRD Bantul. Nah siapa yang memiliki bobot tertinggi dalam jabatan di partai dialah yang akan dipilih untuk menduduki jabatan wakil ketua DPRD,” ujar Halim.

Meski tak menyebut nama secara gamblang, namun Halim tidak menampik skor tertinggi yang ia maksud sejauh ini disandang oleh Subhan Nawawi karena posisinya sebagai Sekretaris DPC PKB Bantul dan sudah berpengalaman di DPRD Bantul. “Ya kira-kira begitulah,” ucap Wakil Bupati Bantul itu.

Seperti diberitakan, penetapan calon anggota legislatif terpilih berikut perolehan jumlah kursi masing-masing partai politik peserta Pemilu 2019 akan dilakukan pada 2-4 Juli mendatang. “Kepastian tanggal penetapan tersebut karena tidak ada calon legislatif atau partai politik dari Bantul yang mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi,” kata Komisioner KPU Bantul, Mestri Widodo.