Advertisement

Nyaris Hanyut Terbawa Ombak Pantai Glagah, 4 Wisatawan Selamat Setelah Berpegangan Batu

Jalu Rahman Dewantara
Selasa, 11 Juni 2019 - 14:17 WIB
Nina Atmasari
Nyaris Hanyut Terbawa Ombak Pantai Glagah, 4 Wisatawan Selamat Setelah Berpegangan Batu Anggota SRI Wilayah V Kulonprogo tengah mengobati korban luka kecelakaan laut di Pantai Glagah, Kecamatan Temon, Kulonprogo, Selasa (11/6/2019). - Ist/ SRI Wilayah V Kulonprogo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Sebanyak empat orang wisatawan nyaris hanyut terbawa ombak saat bermain di Pantai Glagah, Desa Glagah, Kecamatan Temon, Selasa (11/6/2019). Beruntung para korban berhasil selamat dengan cara berpegangan di bebatuan pemecah gelombang.

Peristiwa ini bermula saat keempat korban, yakni Dewi Kumala Sari, 22, Muhammad Ravi, 13, Zakiano, 9, dan Raka Gibran, 3, seluruhnya warga Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, tengah bermain di area pasir sisi barat pemecah ombak Pantai Glagah sekitar pukul 06.30 WIB. Mendadak ombak besar setinggi tiga meter menerjang mereka.

Advertisement

"Dari arah laut datang ombak besar, kemudian menyeret para korban," kata Aris sesaat usai kejadian, Selasa pagi.

Para korban sempat terbawa ombak sebelum akhirnya terbentur di area pemecah gelombang. TIM SRI yang tengah berjaga lantas berlari ke lokasi kejadian untuk melakukan pertolongan. Meski tidak ada korban jiwa, para korban mengalami sejumlah luka lantaran terbentuk pemecah ombak.

"Usia melakukan penyelamatan, kami langsung memberi pertolongan pertama terhadap korban yang luka," ujarnya.

Aris mengatakan sebelum kejadian pihaknya telah memperingatkan para korban untuk menjauh dari tepi pantai. Namun karena seruan tak dihiraukan, kejadian tersebut tak bisa terhindarkan. Ia pun mengimbau kepada semua masyarakat yang hendak berkunjung ke area Pantai Kulonprogo untuk tidak bermain di laut.

Imbauan ini tak lepas dari kondisi ombak yang sejak beberap hari lalu mengganas. Pada 10 Juni kemarin, ketinggian ombak bahkan berkisar antara 2,5 meter hingga 3 meter. Sedangkan saat kejadian hari ini, kata Aris, ketinggian mencapai 5 meter.

"Berdasarkan informasi BMKG, ketinggian ombak di laut selatan DIY mengalami peningkatan sampai tanggal 16 Juni dengan rata-rata tinggi 3,5 sampai 4 meter," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus, Operasional KRL Jogja Solo Ditambah Jadi 30 Perjalanan

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement