Libur Lebaran, Bendungan Kamijoro Jadi Idola

Pengunjung melintasi jembatan di Bendungan Kamijoro perbatasan Bantul dan Kulonprogo, Selasa (11/6). - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan
12 Juni 2019 16:37 WIB Fahmi Ahmad Burhan Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Sebagai destinasi wisata baru, Bendungan Kamijoro di Dusun Plambongan, Desa Triwidadi, Kecamatan Pajangan terbilang memiliki pesona besar mendatangkan pelancong. Saat libur Lebaran lalu, kunjungan bisa mencapai dua kali lipat dari hari biasanya.

Anggota Pokdarwis yang menjadi pengelola parkir Bendungan Kamijoro, Sugito mengatakan saat Lebaran, Bendungan Kamijoro diserbu pengunjung. "Karena kan yang dari Jakarta mudik itu pada ke sini, mampir dulu," kata dia, Selasa (11/6/2019).

Dia mengatakan jumlah kunjungan bisa dua kali lipat dari biasanya. Dalam sehari, di hari biasa kunjungan ke Bendungan Kamijoro bisa mencapai 1.500 orang. Sedangkan pada libur lebaran bisa lebih dari 3.000 orang.

Saat awal Bendungan Kamijoro beroperasi dan banyak didatangi orang karena viral, kunjungannya sempat membeludak. "Orang-orang itu karena penasaran jadi pada datang, tapi ke sini-sini jadi semakin berkurang kunjungannya," ujar Sugito.

Pengelolaan parkir di Bendungan Kamijoro yang masuk wilayah Bantul diatur oleh Pokdarwis. Sugito mengatakan dari pengelolaan parkir tersebut seharinya saat musim Lebaran bisa mendapatkan Rp1,5 juta.

Sebaliknya, saat bulan puasa lalu, kunjungan ke Bendungan Kamijoro tergolong sepi. Dari parkir pun, Sugito mencatat paling hanya dapat Rp250.000. Harga parkir di Bendungan Kamijoro yang dikelola warga Bantul Rp2.000.

Sekadar diketahui, Bendungan Kamijoro menghubungkan Bantul dan Kulonprogo di Dusun Kaliwiru, Desa Tuksono, Sentolo. Tidak hanya Bantul yang mendapatkan dampak wisata dari adanya bendungan tersebut, tapi Kulonprogo pun mendapatkan dampaknya. Bahkan di wilayah Kulonprogo dibangun sebuah taman untuk menarik minat wisatawan.

Sugito mengatakan apabila warga dari arah Timur mau berwisata ke Bendungan Kamijoro, biasanya akan masuk melalui Dusun Plambongan, Bantul. Namun, apabila pengunjung dari arah Barat, akan masuk ke Dusun Kaliwiru, Kulonprogo.

Meskipun libur Lebaran sudah berakhir, namun kunjungan ke Bendungan Kamijoro tetap ramai. Salah satu pengunjung yang sengaja datang ke Bendungan Kamijoro melalui Dusun Plambongan, Bantul untuk berwisata, Indriani mengaku tertarik berwisata setelah banyak melihatnya di media sosial.

"Penasaran, karena lihat di media sosial itu ada Bendungan Kamijoro. Ini baru pertama kali. Masih liburan ini sama keluarga," ujar perempuan dari Kecamatan Sewon, Bantul, itu.