Advertisement

Uji Coba Malioboro Bebas Kendaraan, Petugas Berjaga di Sejumlah Titik

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 15 Juni 2019 - 17:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Uji Coba Malioboro Bebas Kendaraan, Petugas Berjaga di Sejumlah Titik Kemacetan di ruas jalan pusat perbelanjaan Malioboro, Senin (18/6/2018). - Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pemerintah Daerah (Pemda) DIY terus melakukan persiapan untuk pelaksanaan uji coba Malioboro bebas kendaraan. Selama proses uji coba, sejumlah titik juga akan dijaga oleh petugas.

Pemda DIY, kata Kepala Dinas Perhubungan DIY Sigit Sapto Raharjo, akan memback up pelaksanaan uji coba tersebut dengan menerjunkan 80 petugas. Mereka akan disebar di sejumlah titik.

Advertisement

"Selain itu nanti ada tanda-tanda, dan rambu-rambu. Nanti akan dijaga oleh petugas," katanya.

Menurut Sigit, pada uji coba nanti pasti akan menimbulkan persoalan namun pihaknya akan mengantisipasinya. Jika kondisi lalu lintas memaksa untuk membuka jalan Malioboro, hal itu akan dilakukan.

"Kan namanya masih uji coba. Jangan sampai pelaksanaannya juga merugikan kepentingan masyarakat. Kami akan lihat kondisi di lapangan," katanya.

Jika Dishub DIY menerjunkan 80 petugas, Dishub Kota Jogja menerjunkan 50 petugas saat uji coba semi pedestrian Malioboro. Selain berasal dari Dishub juga berasal dari Satpol PP.

"Karena tidak ada perubahan arus, maka yang ada hanya perlambatan laju kendaraan saja," kata Kepala Dishub Kota Jogja Agus Arif Nugroho.

Proses uji coba sudah dipetakan. Sirip Malioboro yang biasa dilalui masyarakat masih bisa dialses dua arah. Misalnya, sirip Suryatmajan dan Perwakilan. Dia berharap masyarakat tidak menganggap uji coba nanti hanya memberi kesulitan untuk mengakses Malioboro.

"Malioboro masih bisa dimasuki. Hanya saja parkir di luar. Bisa juga menggunakan Trans Jogja, naik sepeda. Kami akan optimalkan keberadaan kantong parkir yang ada," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendag Sebut Kemendag Tak Tinggal Diam Mengetahui Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement