Advertisement

Sampah Petasan Sulit Dibersihkan, Petugas Alun-Alun Kota Jogja Kecewa dengan Tindakan Warga

Newswire
Sabtu, 15 Juni 2019 - 23:37 WIB
Bhekti Suryani
Sampah Petasan Sulit Dibersihkan, Petugas Alun-Alun Kota Jogja Kecewa dengan Tindakan Warga Ilustrasi petasan. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta harus mengeluarkan tenaga tambahan untuk membersihkan sampah sisa pembakaran petasan berupa serpihan-serpihan kertas yang berserakan di Alun-Alun Utara Yogyakarta, yang menjadi tempat orang menyalakan petasan sebelum sampai setelah Idulfitri.

"Sampah berupa serpihan-serpihan kertas akibat sisa pembakaran petasan ini sangat sulit dibersihkan, apalagi jika sisa kertas ini terselip di antara rerumputan," kata Kepala Seksi Penanganan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta Ahmad Haryoko di Yogyakarta, Sabtu (15/6/2019).

Advertisement

DLH Kota Yogyakarta menerjunkan 10 petugas kebersihan untuk membersihkan sampah sisa pembakaran petasan. "Meskipun sulit karena sampahnya ringan dan terselip di rerumputan yang tinggi, tetapi kami upayakan agar Alun-Alun Utara bersih dari sampah. Jika kotor, maka akan mengganggu kenyamanan wisatawan atau masyarakat yang melintas," kata Ahmad.

Ia pun berharap masyarakat tidak lagi menyulut petasan karena hanya akan memberikan dampak tidak baik, mulai dari polusi udara, polusi suara hingga menimbulkan sampah yang sulit dibersihkan.

"Petasan hanya akan mengganggu saja. Lebih baik tidak usah dibakar. Lingkungan pun nyaman dan kebersihan terjaga," katanya.

Petugas kebersihan yang ikut menyapu sampah sisa petasan, Redjo, mengaku kecewa dengan sikap masyarakat yang seenaknya mengotori lingkungan di Alun-Alun Utara Yogyakarta yang terletak berdekatan Keraton Yogyakarta sebagai simbol budaya.

"Seharusnya masyarakat memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah atau menumpuk sampah sembarangan meskipun sudah ada petugas yang membersihkan," katanya.

Ia mengatakan tanggung jawab untuk menjaga kebersihan lingkungan bukan hanya berada di tangan petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta saja tetapi juga masyarakat, meskipun tugas utama petugas kebersihan adalah untuk menjaga kebersihan dengan penyapuan rutin.

Para petugas menyapu serpihan kertas sisa petasan lalu mengumpulkannya ke dalam bak sepeda motor roda tiga untuk kemudian mengangkutnya ke depo sampah terdekat.

Sebelumnya, Kepala DLH Kota Yogyakarta Suyana mengatakan sudah membentuk satuan tugas kebersihan yang akan diterjunkan sewaktu-waktu untuk membersihkan lingkungan selama libur Lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sempat Ditangkap, Jambret di Jaksel Kabur Pakai Mobil Patroli Polisi

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement