Advertisement

Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat Gelar Upacara Adat Mitoni Kehamilan GKR Hayu

Abdul Hamied Razak
Selasa, 18 Juni 2019 - 11:27 WIB
Nina Atmasari
 Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat Gelar Upacara Adat Mitoni Kehamilan GKR Hayu Prosesi Upacara Tingkeban atau Mitoni GKR Hayu di Pendapa nDalem Kilen, Keraton Jogja, Selasa (18/6/2019). - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat sedang menggelar hajatan besar, Upacara Tingkeban atau Mitoni pada Selasa (18/6/2019) ini. Upacara yang dimulai sejak pukul 10.00 hingga 12.00 WIB di Pendapa nDalem Kilen, Keraton Jogja.

Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Notonegoro, suami Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hayu melalui rilis yang diterima Harian Jogja, Selasa (18/6/2019) mengatakan upacara adat tersebut digelar sebagai rasa syukur atas kehamilan GKR Hayu yang memasuki usia ketujuh bulan.

Advertisement

"Mitoni atau Tingkeban ini sebagai bentuk rasa syukur saya dan istri, karena [istri saya] sudah mengandung anak pertama, saat ini usianya tujuh bulan," kata KPH Notonegoro.

Selain bertujuan untuk mengungkapkan rasa syukur, tingkeban dilaksanakan untuk melestarikan tradisi leluhur dan budaya Jawa di lingkungan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Sejumlah pejabat teras di lingkungan Pemda DIY, turut hadir. Bahkan beberapa pejabat bupati juga terlihat mengikuti prosesi upacara adat tersebut. Salah satunya Bupati Gunungkidul Badingah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement