Advertisement

5.000 Ayam Bakal Dibagi Gratis di Jogja, Apayo: Daripada Dibeli Pedagang tapi Murah, Mending Dikasih ke Warga

Herlambang Jati Kusumo
Senin, 24 Juni 2019 - 20:57 WIB
Bhekti Suryani
5.000 Ayam Bakal Dibagi Gratis di Jogja, Apayo: Daripada Dibeli Pedagang tapi Murah, Mending Dikasih ke Warga Ilustrasi daging ayam. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Ribuan ayam hidup bakal dibagikan secara gratis di Jogja oleh Asosiasi Peternak Ayam Yogyakarta (Apayo) dan dan Perhimpunan Insan Perunggasan Indonesia (Pinsar) DIY. 

Pembagian ayam gratis itu sebagai bentuk protes atas anjloknya harga ayam hidup di tingkat peternak. Sejak 10 bulan terakhir hingga saat ini harga ayam hidup di kandang selalu di bawah Harga Pokok Produksi (HPP) yang seharusnya ayam hidup Rp18.700/kg atau karkasnya mencapai HPP Rp30.000/kg. 

Advertisement

Saat ini pedagang membeli dari peternak dengan harga hanya Rp7.000-Rp8.000/kg dikarenakan over supplay. Namun penjualan dari pedagang ke masyarakat saat ini selalu diatas HPP yaitu Rp29.000-Rp30.000/kg.

Ketua Apayo, Hari Wibowo mengatakan, lebih baik membagikan ayam secara gratis ke masyarakat ketimbang dibeli pedagang ayam namun harganya murah.

"Ya seperti itu keadaanya, karena harga ayam jatuh daripada dikasihkan bakul [pedagang] murah dijualnya ke masyarakat masih tetap tinggi ya mending dikasihkan gratis saja [ke masyarakat]," kata Hari Wibowo, Senin (24/6/2019).

Sejatinya kata dia, dengan pembelian harga ayam hidup yang murah, sejatinya masyarakat dapat menikmati harga ayam yang murah pula, namun kenyataannya justru berbdea, pedagang tetap menjual ayam dengan harga tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement