Advertisement

Pengusaha Protes Gegara Harga, 5.000 Ekor Ayam Bakal Dibagikan Gratis di Jogja, Ini Sejumlah Lokasinya

Abdul Hamied Razak
Senin, 24 Juni 2019 - 15:57 WIB
Bhekti Suryani
Pengusaha Protes Gegara Harga, 5.000 Ekor Ayam Bakal Dibagikan Gratis di Jogja, Ini Sejumlah Lokasinya Ilustrasi daging ayam. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Asosiasi Pengusaha Ayam Yogyakarta (Apayo) DIY melakukan aksi protes tak biasa atas turunnya harga ayam. Rabu (26/6/2019) Apayo DIY akan membagikan sebanyak 5.000 ekor ayam hidup secara gratis kepada masyarakat.

Ketua Asosiasi Pengusaha Ayam Yogyakarta (Apayo) Hari Wibowo mengatakan pembagian ayam hidup gratis tersebut dilakukan para peternak karena selama 10 bulan terakhir sejak September 2018, peternak merugi. "Ini sebagai bentuk protes kami. Kami akan bagikan ayam sebanyak 5.000 ekor kepada masyarakat di Jogja," katanya kepada Harianjogja.com, Senin (24/6/2019).

Advertisement

Adapun titik lokasi pembagian ayam gratis akan dilakukan Apayo di empat titik; mulai timur Balai Kota, Taman Parkir Sriwedari, Alun-Alun Utara dan depan Gedung Pamungkas (timur Stadion Kridosono). Aksi ini dilakukan serempak untuk wilayah DIY dan Jawa Tengah. Lokasi dan teknis protes yang dilakukan juga berbeda-beda.

"Harga HPP Ayam hidup hanya Rp18.700 dan Karkas Rp30.000. sementara di pasaran selalu di atas HPP, antara Rp29.000-Rp30.000 Per kg. Padahal pedagang ayam hanya membeli Rp7.000-Rp8.000 per kg bahkan harga di bawahnya," katanya.

Seharusnya, dengan harga tersebut masyarakat bisa membeli daging ayam jauh lebih murah dari saat ini. Kondisi tersebut sangat membingungkan dan berdampak negatif bagi para peternak. "Dengan harga ayam yang murah, seharusnya masyarakat bisa membeli dengan murah. Tapi faktanya, di pasaran harga daging ayam masih tinggi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Ada Kabel Semerawut, ORI DIY: Laporkan!

Ada Kabel Semerawut, ORI DIY: Laporkan!

Jogjapolitan | 38 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mobil Mewah Harvey Moeis Disita Kejagung, Kali Ini Ferrari dan Mercy

News
| Jum'at, 26 April 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement