Disdikpora Peringatkan Sekolah di DIY Tak Wajibkan Siswa Berbusana Muslim

Surat edaran wajib berjilbab bagi siswa SD di Gunungkidul yang viral di media sosial. - Harian Jogja
26 Juni 2019 17:57 WIB Uli Febriarni Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora DIY), Kadarmanta Baskara Aji menilai kepala sekolah SDN III Karangtengah, Gunungkidul bersalah, atas kebijakan berseragam muslim yang diwajibkan kepada peserta didik baru 2019/2020.

"Itu kepalanya [kepala sekolah] salah itu bikin begitu. Saya sudah tanya dan sampaikan kepada kepala Disdikpora Kabupaten Gunungkidul, supaya segera ditindaklanjuti. Kemudian menyosialisasikan kepada kepala sekolah lain, agar tidak melakukan hal yang sama. Jadi kepala sekolahnya yang salah," ujarnya, Selasa (25/6/2019).

Ia menambahkan, perihal sanksi atau tindak lanjut bagi kepala sekolah yang bersangkutan, menjadi wewenang Kepala Disdikpora Kabupaten Gunungkidul. Apalagi, hal itu belum terlaksana, melainkan baru berbentuk surat edaran.

Untuk mengantisipasi hal tersebut di jenjang SMA/K, Disdikpora DIY telah menyampaikan kepada kepala sekolah, agar tidak melakukan hal tersebut. Begitu juga dengan masing-masing kepala dinas kabupaten dan kota juga sudah melakukan hal yang sama.