Advertisement

Selamat, Dua Warga Kulonprogo Raih Penghargaan Kalpataru Tingkat DIY

Fahmi Ahmad Burhan
Kamis, 27 Juni 2019 - 22:17 WIB
Bhekti Suryani
Selamat, Dua Warga Kulonprogo Raih Penghargaan Kalpataru Tingkat DIY Ilustrasi pelestarian lingkungan - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO- Dari tiga warga yang diusulkan, dua warga Kulonprogo meraih penghargaan Kalpataru tingkat DIY. Sebelumnya, proses panjang penilaian dilalui oleh keduanya.

Kepala Bidang Tata Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kulonprogo, Heni Hernawati mengatakan setelah mengusulkan tiga warga Kulonprogo dalam pemberian penghargaan Kalpataru tingkat DIY, dua warga berhasil mendapatkan penghargaan tersebut. Dua warga tersebut Sugiyanto warga Dusun Kroco, Desa Sendangsari, Pengasih untuk Kategori Pembina Lingkungan dan Heru Basuki, seorang guru SMP di Kokap untuk Kategori Pengabdi Lingkungan.

Advertisement

"Setelah melalui proses penilaian berjenjang dan panjang akhirnya membuahkan hasil yang manis," katanya pada Rabu (26/6/2019). Penghargaan tersebut diberikan kepada keduanya berbarengan dengan perwakilan dari kabupaten kota lainnya. Total ada 12 orang yang mendapat penghargaan Kalpataru tingkat DIY.

Sugiyanto yang mendapatkan penghargaan Kalpataru itu dianggap mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungannya dan dianggap mampu melindungi lahan kritis menjadikannya lahan produktif. Sedangkan, Heru Basuki dianggap mampu menstimulus rekan-rekan guru lainnya untuk menyusun perangkat pembelajaran yang mengarah pada pengelolaan lingkungan.

Pada April lalu, verifikasi dilakukan di tempat ketiga warga Kulonprogo yang diusulkan untuk mendapatkan penghargaan Kalpataru itu. Verifikasi dilakukan untuk melihat langkah-langkah ketiganya dalam menjaga lingkunga. Hanya Dwi Martuti Rahayu, seorang warga Dusun Salak Malang, Desa Banjarharjo, Kalibawang saja yang tidak mendapatkan penghargaan tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kulonprogo, Arif Prastowo berharap, dua warga Kulonprogo yang mendapatkan penghargaan itu tidak berhenti hanya sebatas menerima penghargaan saja, tapi ke depan terus berjuang bagi kelestarian lingkungan. "Harapannya dengan dapatnya penghargaan ini, bisa termotivasi lagi untuk terus menjaga lingkungan," ujar Arif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement